10 Masalah yang Harus Segera Diselesaikan Xavi di Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 November 2021
10 Masalah yang Harus Segera Diselesaikan Xavi di Barcelona
Xavi (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona menemukan pelatih pengganti Ronald Koeman yang dipecat beberapa waktu lalu. Dia adalah legenda klub berusia 41 tahun, Xavi Hernandez yang meninggalkan klub sebagai pemain pada 2015.

Xavi dikontrak dua setengah tahun setelah dua tahun melatih Al Sadd, klub Qatar. Di sana Xavi mengawali karier di dunia kepelatihan sekaligus sukses menanamkan filosofi bermain yang berbuah trofi.

Dalam kariernya sebagai pemain Barca mantan pemain timnas Spanyol telah memenangi 25 trofi dari 767 laga yang dimainkannya, beberapa di antaranya seperti delapan titel LaLiga, empat Liga Champions, dan enam Piala Super Spanyol.

Xavi tahu ia datang ke Barcelona di kala kondisi klub sedang tidak baik-baik saja. Barcelona telah ditinggal Lionel Messi dan menjalani fase naik turun, tapi ia tertantang membangkitkan performa Barca.

Baca Juga:

Latih Barcelona, Xavi Hernandez Dapat Dukungan Iniesta

Pelatih Barcelona Ungkap Alasan Gagal Manfaatkan Keunggulan Tiga Gol

Xavi Hernandez dan 5 Jebolan La Masia yang Latih Barcelona

"Culers (fans Barca) yang terhormat, saya akan kembali ke rumah. Saya kembali ke tempat saya tumbuh dewasa, saya kembali ke klub dalam hidup saya," terang Xavi.

"Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan emosi yang saya rasakan untuk mempertahankan kembali perisai yang terpatri di hati saya, merasakan kembali Camp Nou bergetar, dan mendengar lagi sorak-sorai penyemangat dari para penggemar hebat ini."

“Saya tahu bahwa saya tiba di saat yang sulit, tetapi saya menghadapi tantangan ini dengan antusiasme terbesar. Saya akan bekerja dan berjuang bersama Anda semua untuk mencapai tempat yang layak kami raih bersama," urai dia.

Tugas Xavi dalam membangkitkan Barca memang tidak mudah. Menurut Sport-English ada 10 isu urgensi yang butuh perhatian Xavi untuk dibenahi, apa saja?

1. Bangkitkan Kepercayaan Diri Tim

Ada pemain-pemain senior bermental juara yang pernah memenangi trofi di dalam tim. Xavi harus menemukan cara untuk membangkitkan motivasi dan memberikan atmosfer positif di kamar ganti pemain Barca.

2. Badai Cedera

Delapan pemain cedera dan bertambah jadi tiga setelah bertanding melawan Celta Vigo (3-3). Xavi harus mencari tahu kenapa pemain di skuad Barca sering cedera, memulangkan kembali Dr Ricard Pruna juga bisa jadi opsi.

3. Enerji Pemain

Seperti halnya cedera kebugaran pemain juga penting. Betapa mudahnya pemain lelah bisa dilihat di babak dua melawan Vigo. Tugas agar para pemain Barca bermain semangat hingga laga bubar akan diemban Xavi.

4. Solusi Skuad yang Tak Seimbang

Xavi dapat memperlihatkan wawasan taktiknya dengan mengkondisikan pada skuad Barca yang tersedia saat ini. Ada masalah pada penyerang sayap, full-backs, dan gelandang yang jumlahnya banyak. Menarik untuk dinanti solusi dari Xavi.

5. Lanjutkan Tradisi La Masia

Xavi produk La Masia dan ia tahu betapa pentingnya produk La Masia pada budaya Barcelona. Memercayai produk La Masia seperti Ansu Fati, Gavi, Nico serta alumni lainnya akan krusial untuk Xavi.

6. Pengaruh ke Pemain Senior

Sergio Busquets, Jordi Alba, Gerard Pique, dan Sergi Roberto adalah empat kapten Barcelona. Sebagai pemain senior pengaruh dan pengalaman mereka sangat penting, tak ayal semuanya harus punya visi yang sama dan ini jadi tugas Xavi berbicara kepada mereka.

7. Wawasan

Kesuksesan Xavi sebagai pelatih di Al Sadd meninggalkan cerita dalam karier kepelatihannya, tapi Asia dan Eropa berbeda, di Barcelona cara Xavi menyalurkan pemikirannya akan sepak bola akan dinanti publik.

8. Pembatasan

Sebagai legenda klub Xavi pernah bermain dengan beberapa pemain dalam skuad saat ini seperti Busquets, Pique, Roberto, dan Alba. Xavi harus punya batasan antara teman, pemain, dan pelatih hingga sosoknya dapat respek di kamar ganti pemain.

9. Keputusan Philippe Coutinho

Rekor transfer Barcelona ini selalu diperbincangkan setiap musimnya. Philippe Coutinho bisa jadi pemain kunci Barca atau justru tidak sama sekali. Xavi harus menemukan solusi mengenai Coutinho.

10. Harapan dan Kebanggaan Barcelona

Xavi sangat mengenal Barcelona dan ia dicintai fans. Fans Barca saat ini terluka dan harga diri mereka juga terkena dampak dari buruknya performa tim belakangan ini. Itu juga harus dibenahi oleh Xavi.

Breaking News Xavi Xavi Hernandez Barcelona FC Barcelona LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan