BolaSkor.com - Premier League acapkali dipandang sebelah mata ketika dibandingkan dengan Bundesliga mengenai kepercayaan bermain kepada pemain-pemain muda. Ironis, jika mengingat Premier League dengan statusnya sebagai liga terbaik dunia.

Tim-tim Premier League cenderung lebih mengandalkan pemain-pemain berpengalaman, khususnya dari luar Inggris, untuk mengangkat performa tim. Hal itu sampai saat ini masih terus berlanjut, namun, dengan keseimbangan yang lebih baik musim ini.

Regenerasi dan perubahan itu bisa dilihat dari sejumlah pemain muda yang dimainkan musim ini di Premier League, beberapa di antaranya bahkan menjadi pemain andalan seperti Mason Greenwood, Bukayo Saka, dan Gabriel Martinelli.

Manajer Chelsea, Frank Lampard, salah satu aktor yang mendukung perkembangan talenta-talenta muda. The Blues telah mempromosikan delapan pemain yang memainkan debutnya di Premier League musim ini. Begitu juga dengan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United.

Baca Juga:

Ubah Filosofi Chelsea, Frank Lampard Telah Mainkan 8 Debutan dari Akademi Musim Ini

Billy Gilmour, Pemuda 18 Tahun Chelsea Man of The Match Kontra Liverpool

Virus Corona dan Kompetisi Sepak Bola Indonesia yang Brilian

Billy Gilmour dan Frank Lampard

"Saya berbicara kepada mereka (pemain muda) secara teratur. Saya tidak terlalu keras kepada mereka, tetapi saya akan terus mendorong mereka karena saya pikir mereka membutuhkan dorongan lebih banyak," tutur Lampard di Guardian beberapa waktu lalu.

"Saya pikir mereka merasakan kepercayaan yang saya berikan pada mereka, karena mereka tahu saya siap untuk memberi mereka kesempatan jika mereka berlatih dengan baik. Sejauh ini mereka datang ke tim dan bermain dengan baik."

"Saya pikir mereka secara alami harus merasakan sedikit ketegangan sepanjang waktu, sehingga itu mungkin adalah masalah yang terburuk."

"Mereka hanya perlu bekerja dan percaya pada bakat mereka sendiri karena bakat mereka ada untuk dilihat semua orang. Tim ini juga harus bersabar dengan itu semua karena mungkin diperlukan periode waktu yang berbeda bagi mereka untuk berkembang sebagai pemain," terang dia.

BolaSkor.com juga merangkum 10 pemain termuda yang bermain di Premier League musim ini, tiga di antaranya datang dari Chelsea. Menjadikan Transfermarkt sebagai referensi, berikut penjabarannya:

1. Harvey Elliott - 16 Tahun 8 Bulan 29 Hari

Harvey Elliott

Gabung Liverpool dari Fulham pada awal musim panas 2019. Talenta Harvey Elliott dapat berkembang di Liverpool karena ia dilatih oleh manajer yang tepat, Jurgen Klopp, yang punya rekor bagus mengorbitkan pemain-pemain muda.

Tak butuh waktu lama bagi penyerang sayap berusia 16 tahun untuk dipercaya bermain Klopp di tim utama pada ajang Piala FA (tiga kali), Piala Liga (tiga kali), Premier League (satu kali). Namun Klopp tidak buru-buru memainkan Elliott di tim utama, sebab ia masih berstatus pemain di tim muda The Reds.

2. Troy Parrott - 17 Tahun 10 Bulan 3 Hari

Troy Parrott



Striker kelahiran 4 Februari 2002 promosi dari akademi Tottenham Hotspur pada 2019. Troy Parrott menjalani debut di Premier League pada 7 Desember 2019 kontra Burnley (Tottenham menang 5-0). Jose Mourinho memberinya kans bermain.

Menilik kesuksesan Harry Kane yang juga berasal dari produk akademi Spurs, Parrott bisa belajar banyak dari pendahulunya itu.

3. Mason Greenwood - 17 Tahun 10 Bulan 11 Hari

Mason Greenwood

Kepergian Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez membuka jalan bagi Mason Greenwood promosi dari akademi ke tim utama Manchester United. Kepercayaan yang diberikan Ole Gunnar Solskjaer kepadanya tidak sia-sia.

Greenwood telah bermain 35 kali di seluruh kompetisi dengan torehan 11 gol dan empat assists. Solskjaer melihat Greenwood seperti halnya Robin van Persie dengan kaki kidal yang dimilikinya.

4. Bukayo Saka - 18 Tahun 17 Hari

Bukayo Saka

Bagi pemain yang baru promosi dari akademi dan bermain di tim utama, bermain reguler seperti Bukayo Saka di Arsenal menjadi suatu catatan yang hebat. Apalagi, Saka dimainkan sebagai bek kiri dari posisi aslinya penyerang sayap.

Saka telah bermain 29 kali di seluruh kompetisi, mencetak tiga gol, dan memberikan sembilan assists. Sangatlah wajar apabila Mikel Arteta berharap Saka teken kontrak baru - kontrak Saka berakhir pada 2021.

5. Brandon Pierrick - 18 Tahun 22 Hari

Brandon Pierrick

Roy Hodgson memberinya kesempatan mentas di Premier League pada Januari 2020 kontra Norwich City. Pierrick mengawali proses gol penyama kedudukan Palace dan bermain apik di laga debutnya. Pemain keturunan Kamerun tersebut dapat bermain sebagai gelandang dan penyerang.

Berikut lima pemain termuda Premier League 2019-20 lainnya:

6. Gabriel Martinelli - 18 Tahun 1 Bulan 24 Hari (Arsenal)
7. Billy Gilmour - 18 Tahun 2 Bulan 20 Hari (Chelsea)
8. Tino Anjorin - 18 Tahun 3 Bulan 14 Hari (Chelsea)
9. Armando Broja - 18 Tahun 5 Bulan 27 Hari (Chelsea)
10. James Garner - 18 Tahun 7 Bulan 14 Hari (Manchester United)