10 Pemain yang Pernah Memperkuat Atletico Madrid dan Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 September 2020
10 Pemain yang Pernah Memperkuat Atletico Madrid dan Barcelona
Antoine Griezmann dan Luis Suarez (Twitter)

BolaSkor.com - Atletico Madrid berhasil mengamankan servis striker berusia 33 tahun asal Uruguay Luis Suarez dari FC Barcelona. Atletico hanya mengeluarkan total enam juta euro untuk merekrut El Pistolero yang datang menggantikan Alvaro Morata.

"FC Barcelona dan Atletico Madrid telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Luis Suarez. Klub Madrid akan membayar FC Barcelona enam juta euro dalam bentuk variabel," tambah pernyataan resmi dari Barcelona.

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih secara terbuka kepada Luis Suarez atas komitmen dan dedikasinya serta mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan."

"Pada hari Kamis 24 September mulai pukul 12.30 CEST (waktu setempat) akan ada acara perpisahan untuk pemain dan setelah itu konferensi pers jarak jauh. Anda dapat melihat acara sepanjang hari seputar perpisahan striker Uruguay secara langsung di Barça TV +, platform streaming digital resmi FC Barcelona."

Baca Juga:

Tinggalkan Barcelona dengan Tangisan, Luis Suarez ke Atletico dengan Mahar 6 Juta Euro

5 Warisan Peninggalan Luis Suarez yang Layak dikenang Fans Barcelona

4 Persamaan Perpindahan Luis Suarez ke Atletico Madrid dengan Transfer David Villa

Luis Suarez

Suarez datang ke Atletico Madrid tepat setahun setelah Antoine Griezmann datang ke Barcelona dari Atletico. Griezmann direkrut sebesar 120 juta euro dan itu adalah klausul pembelian penyerang berpaspor timnas Prancis tersebut.

Suarez pergi dengan status legenda Barca setelah enam musim bermain di sana dan jadi top skorer ketiga sepanjang masa klub, di bawah Lionel Messi (634 gol) dan Cesar (230 gol). Suarez menorehkan 198 gol dan 109 assists dari total 283 pertandingan.

Kepergian Suarez cukup kontroversial karena ia pergi meninggalkan pusat latihan dengan tangisan. Disinyalir ia terpaksa pindah karena klub memaksa ia pindah dan Suarez tak lagi masuk rencana bermain Ronald Koeman. Suarez menyusul Nelson Semedo, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal yang hengkang terlebih dahulu.

Tak ayal Suarez menambah panjang daftar pemain yang pernah membela Barcelona dan Atletico Madrid dalam kariernya. Selain Suarez dan Griezmann berikut ke-10 pemain lainnya:

1. Arda Turan

Arda Turan

Arda Turan bergabung dari Atletico ke Barca pada 2015 sebesar 34 juta euro, plus tujuh juta euro variabel. Gelandang serang asal Turki dikontrak selama lima tahun, namun, tidak bermain reguler di skuat utama Barcelona.

Saat ini, Turan masih tercatat sebagai pemain pinjaman Barcelona di Istanbul Basaksehir. Satu-satunya momen hebat dari Turan tercipta pada Liga Champions 2016-17.

Kala itu, Turan mencetak hattrick gol ke gawang Borussia Monchengladbach dan dia jadi pemain keenam Barca setelah Ronaldinho, Rivaldo, Samuel Eto'o, Lionel Messi, dan Neymar yang melakukannya.

2. David Villa

David Villa

Berbeda dengan Griezmann dan Turan, David Villa justru pindah dari Barcelona ke Atletico. Masa-masa terbaiknya dihabiskan di Barcelona pada medio 2010-2013 melalui perolehan satu titel Liga Champions, Piala Super Eropa, dua LaLiga, satu Copa del Rey, dan dua Piala Super Spanyol.

Semusim setelah Villa gabung Atletico, kedatangannya memberikan berkah bagi Los Colchoneros yang sukses mengakhiri dominasi Barca dan Real Madrid dalam persaingan merebutkan titel LaLiga. El Guaje hanya bertahan semusim dengan Atletico.

3. Miguel Reina

Miguel Reina

Tujuh tahun dengan Barcelona (1966-1973) dan tujuh tahun bersama Atletico Madrid (1973-1980). Mantan kiper timnas Spanyol merasakan sukses di kedua klub tersebut. Miguel Reina pensiun pada 1980 dengan hampir jumlah 450 penampilan dalam kariernya.

4. Jesus Landaburu

Jesus Landaburu

Gelandang yang diberkahi kecepatan, kemampuan, dan visi dalam bermain sepak bola. Memulai debut pada usia 17 tahun dengan Real Valladolid, Jesus Landaburu bermain di Barcelona pada medio 1979-1982, mencetak 13 gol dari 61 laga liga, dan memenangi titel Copa del Rey.

Pasca membela Barca, Landaburu bermain di Atletico Madrid selama hampir enam tahun (1982-1988) dan tampil lebih dari 300 penampilan. Di sana dia memenangi Copa del Rey dan Piala Super Spanyol sebelum pensiun pada tahun 1988.

5. Julio Salinas

Julio Salinas

Mantan penyerang timnas Spanyol dua tahun memperkuat Atletico (1986-1988) sebelum gabung Barcelona dan bermain selama enam tahun di sana (1988-1994). Julio Salinas tampil ganas di kedua klub itu, khususnya di Barcelona melalui total 84 gol dalam 241 penampilan serta raihan 10 trofi di sana.

Luis Suarez Breaking News Atletico Madrid Barcelona FC Barcelona Trivia Sepak Bola Antoine Griezmann Arda Turan David villa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan