10 Statistik yang Mungkin Terlewat dari Final Piala FA 2021-2022

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 15 Mei 2022
10 Statistik yang Mungkin Terlewat dari Final Piala FA 2021-2022
Liverpool juara Piala FA (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool masih berada di jalan yang tepat dalam perburuan quadruple (empat) trofi semusim. Pasca memenangi Piala Liga The Reds teranyar memenangi Piala FA melawan tim yang sama: Chelsea.

Skema yang terjadi pun sama. Chelsea dan Liverpool sama-sama tak bisa memenangi laga di waktu normal serta babak tambahan, lalu dilanjutkan ke drama adu penalti, pada momen itu Liverpool kembali keluar jadi pemenang.

Liverpool menang 6-5 di drama adu penalti setelah laga imbang tanpa gol di Wembley, Sabtu (14/05) malam WIB. Jurgen Klopp pun jadi manajer setelah Sir Alex Ferguson yang memenangi semua trofi di satu klub.

Liverpool mengakhiri puasa gelar Piala FA setelah 16 tahun lamanya. Kini mereka membidik dua target tersisa, titel Premier League dan Liga Champions. Di Premier League Liverpool melawan Manchester City dan Real Madrid di Liga Champions.

Baca Juga:

Chelsea 0-0 Liverpool (5-6): The Reds Juara Piala FA, Quadruple Masih dalam Target

Chelsea Gagal Lagi, Thomas Tuchel: Dewi Fortuna di Kubu Liverpool

Liverpool Juara Piala FA, Jurgen Klopp Justru Prihatin dengan Chelsea

Menilik dari Squawka ada 10 statistik menarik dari final Piala FA 2021-2022 yang mungkin terlewat. Apa saja?

1. Pertanda Bagus Liverpool

Titel Piala Liga dan Piala FA membuat fans Liverpool terus bermimpi untuk quadruple gelar. Liverpool jadi klub pertama dalam sejarah sepak bola Inggris yang memenangi dua turnamen domestik semusim. Terakhir mereka melakukannya pada 2001.

2. Kemalangan Chelsea

Selebrasi Liverpool menjadi kemalangan untuk Chelsea. Tiga kali mencapai final Piala FA dan tiga kali beruntun juga mereka kalah. Itu kali kedua terjadi, namun yang pertama terjadi saat ini tiga tahun beruntun.

3. Nasib Apes Mason Mount

Bukan hanya kemalangan untuk Chelsea, tapi juga untuk gelandang muda mereka Mason Mount. Pemain asal Inggris saat ini telah kalah enam kali di final di Wembley untuk negara dan klub.

4. Liverpool, Chelsea, Adu Penalti

Dalam sejarah pertemuan kedua tim Liverpool empat kali melakoni drama adu penalti lawan Chelsea di empat kompetisi berbeda. Liverpool pun selalu jadi pemenang atas Chelsea dari Liga Champions 2006-2007, Piala Super Eropa 2019-2020, Piala Liga 2021-2022, dan Piala FA 2021-2022.

5. Jurgen Klopp Rajin Menangi Trofi

Jurgen Klopp sudah melatih Liverpool sejak 2015 dan trofi terus berdatangan dengan timnya yang sudah bermain bak mesin. Klopp jadi manajer pertama yang memenangi titel Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan Liga Champions.

6. Jurgen Klopp Samai Sir Alex Ferguson

Terlebih, kabar buruk untuk Manchester United, Klopp jadi manajer kedua sepanjang masa setelah Ferguson yang memenangi seluruh empat trofi besar tersedia saat melatih tim Inggris.

7. Thiago Silva dan Sir Stanley

Thiago Silva jadi starter di final Piala FA, tampil dengan sangat baik sepanjang laga. Apa yang membuatnya hebat lagi dia ada di usia 37 tahun, jadi pemain tertua (outfield) yang melakukannya sejak Sir Stanley Matthews pada final 1953 di usia 38 tahun.

8. Kiper

Sebelum hari ini, hanya satu kiper yang mencatatkan clean sheets di final baik itu di Eropa dan Piala FA, itu adalah eks pemain Liverpool Ray Clemence. Pasca final nama itu bertambah yakni Edouard Mendy dan Alisson.

9. Alisson

Alisson terpilih sebagai Man of the Match dan penyelamatannya di drama adu penalti membantu Liverpool menang. Kini Alisson sudah mencatatkan clean sheets di final Liga Champions, Piala FA, dan Piala Dunia Antarklub. Dia juga memenangi Sarung Tangan Emas di Premier League dan Copa America.

10. Kapten Jordan Henderson

Liverpool memiliki kapten-kapten ikonik seperti Emlyn Hughes, Alan Hansen, dan Steven Gerrard, tapi pencapaian Jordan Henderson di atas mereka. Sejak jadi kapten pada 2015 Henderson memenangi Premier League, Liga Champions, Piala FA, Piala Liga, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Liverpool Chelsea Piala FA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan