10 Tips Mengenali Sneakers Orisinal atau KW

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 24 Mei 2022
10 Tips Mengenali Sneakers Orisinal atau KW
Ilustrasi (dblindonesia)

BolaSkor.com - Memiliki sepatu atau sneakers bermerek sudah menjadi gengsi tersendiri saat ini. Namun tidak semua mampu mendapatkan sepatu bermerek terlebih yang memiliki benderol selangit.

Karena itu bertebaran sepatu-sepatu replika atau KW. Kehadiran barang KW tentu tidak lepas dari tingginya permintaan. Timbul pertanyaan bagaimana membedakan sneakers orisinal dengan yang KW?

Berikut bahasan tips untuk membedakan atau mengenali apakah sepatu tersebut asli atau KW dari berbagai sumber.

Baca Juga:

Jersey Forum, 12 Tahun Eksis dan Konsisten Dorong Masyarakat Beli Jersey Orisinal

Mengintip Kegiatan Lazio Indonesia Selama Pandemi Virus Corona

1. Istilah Dagang

Secara garis besar sneakers hanya dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan asalnya yaitu Orisinal, resmi diproduksi oleh pabrik yang ditunjuk oleh brand dan replika, diproduksi secara ilegal menggunakan bahan yang berbeda dari yang asli.

Dari sisi replika alias tiruan, muncul istilah kualitas PREMIUM, KW SUPER, REPLIKA ORIGINAL, GRADE ORI, IMPORT STANDARD AUTHENTIC, STANDARD ORIGINAL, dan sebagainya.
Hal tersebut hanyalah istilah dagang agar sepatu tiruan tersebut terdengar tidak seperti sepatu murahan. Jadi jangan terkecoh sepatu palsu, ya palsu, asli ya asli.


2. Negera Asal Sepatu

Dalam transaksi jual beli sepatu, pertanyaan yang sering muncul adalah "original made in mana?"

Perlu diingat, pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu orisinal atau bukan tidak bisa dilihat dari asal negera pembuat. Bahkan pembuatan sepatu yang orisinal dan replika bisa berasal dari negera yang sama.

Faktanya sepatu Nike dan Adidas diproduksi di berbagai negera di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, atau Kamboja.


3. Boks Sepatu

Semua sepatu yang diimport dan didistribusikan oleh Brand Principle atau pemegang merek resmi, pasti memiliki boks dalam pengemasannya.

Boks sepatu tersebut bisa berbeda-beda bentuk, warna, dan bahannya. Contohnya Nike atau Adidas memiliki beberapa jenis boks sepatu berdasarkan tipe sepatunya. Jadi ada banyak macam kotak yang digunakan oleh Nike atau Adidas.

Bagaimana membedakan sepatu orisinal dan KW berdasarkan dari kotaknya? Setiap sepatu orisinal pasti memiliki kode produk, stiker importir, cara perawatan dan penggunaan. Selain itu juga biasanya pada boks tersebut terdapat cap bahwa produk tersebut lulus Quality Control.

4. Kode Produk di Boks dan Tag Sepatu Sama

Setiap sepatu orisinal pasti memiliki tag (biasanya berada lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu bagian samping) yang memberikan informasi kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Kode dan ukuran tersebut harus sesuai dengan informasi pada boks sepatu.


5. Aroma Sepatu

Untuk yang satu ini sepertinya agak aneh. Namun, ternyata aroma sepatu dapat menandakan apakah sepatu tersebut orisinal atau KW. Sneakers Nike atau Adidas orisinal solnya terbuat dari karet berkualitas.

Dengan menggunakan indra penciuman, sepatu orisinal akan berbau seperti karet, namun sepatu replika akan memiliki bau menyengat seperti lem dan keras seperti plastik.


6. Insole Sepatu

Sebagian besar sepatu Adidas dan Nike yang orisinal memiliki insole. Biasanya insole sepatu orisinal terbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki berpijak akan terbuat dari kain yang bahanya sangat halus. Insole pada sepatu original akan dibuat dengan sangat mendetail.


7. Build Quality

Kualitas pembuatan sepatu orisinal sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang dapat dilihat adalah pada bagian jahitan.

Jahitan pada sepatu orisinal lebih rapih dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika. Namun bagi beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk membedakan jahitan yang orisinal dengan yang palsu tanpa membandingkannya secara langsung.


8. Harga

Sepatu orisinal tentu memiliki harga yang relatif lebih mahal dan setiap model memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu KW yang biasanya penjual sepatu memukul rata harga setiap model sepatu.

9. Teknologi

Bagian-bagian tertentu pada sepatu orisinal akan memilki teknologi agar sepatu tersebut nyaman dipakai oleh penggunanya. Beberapa nama teknologi yang sering digunakan oleh Nike dan Adidas pada sepatunya seperti Air Max, Lunarlon, Boost, Bounce, dll.

Berbeda dengan sepatu palsu yang hanya mementingkan penampilan luar tanpa memperhatikan kualitas dan kenyamanan sepatu.

10. Reputasi Penjual

Jika akan melakukan transaksi secara online, pastikan membaca review tokonya dari para kustomer yang sudah melakukan transaksi. Atau jika datang langsung bisa melihat sertifikat asli Authentic Reseller dari pihak pemegang merek.

Jika membeli sepatu di forum jual beli seperti facebook, instagram, kaskus, OLX, bukalapak, tokopedia, atau jejaring sosial. Jika mendapati foto yang dipajang berasal dari google image, ini perlu dihindari, karena biasanya penjual atau seller menampilkan foto asli sepatunya.

Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan