#10YearsChallenge: Cerita Cinderella Juventus, Manchester City, dan PSG

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 16 Januari 2019
#10YearsChallenge: Cerita Cinderella Juventus, Manchester City, dan PSG
Juventus pada 2009. (Zimbio)

BolaSkor.com - Tagar #10YearsChallange tengah meramaikan jagat media sosial saat ini. Banyak hal yang terjadi selama 10 tahun terakhir, termasuk di dunia sepak bola.

Kekuatan di dunia sepak bola seolah mengalami perubahan selama satu dekade terakhir. Pergantian pelatih hingga cara klub menangani keuangan klub menjadi alasan.

Selain itu berbagai regulasi anyar juga tercipta selama 10 tahun terakhir. Sebut saja Financial Fair Play (FFP), Video Assistant Referee (VAR), dan aturan pemain homegrown.

Baca Juga:

Kontra AC Milan, Juventus Trauma Pertandingan Ditentukan oleh Adu Tendangan Penalti

Pep Guardiola Tak Khawatir Manchester City Kembali Bermain Setelah Liverpool

Saat ini, Juventus, Manchester City, dan PSG merupakan kekuatan besar di sepak bola Eropa. Ketiga klub tersebut selalu masuk kandidat pemenang Liga Champions.

Apabila menilik ke satu dekade silam, rupanya baik Juventus, Manchester City, dan PSG bukanlah kekuatan di Eropa. Bahkan, di negaranya masing-masing pun mereka tidak terlalu kuat.

Juventus 2009

Di Italia Inter Milan tengah menjadi penguasa dengan skuat bertabur bintang ditambah Jose Mourinho. Juventus? Mereka belum bisa lepas dari bayang-bayang Calciopoli.

Memang Juventus mengakhiri musim 2008-2009 sebagai runner-up, namun mereka berjarak 10 angka dari Inter Milan. Selain itu, niatan I Bianconeri melakukan revolusi pada bursa transfer musim panas 2009 justru berakhir dengan gagal total.

Saat itu Juventus bukan lagi klub yang ditakuti di Italia. La Vecchia Signora lebih identik dengan kesebelasan pesakitan yang terpuruk akibat Calciopoli hingga dua kali di peringkat ketujuh.

Juventus PSG Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan