11 Fakta Menarik dari 111 Gol Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 02 September 2021
11 Fakta Menarik dari 111 Gol Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo baru saja memecahkan sebuah rekor langka. Ia kini menahbiskan diri sebagai top skorer sepanjang masa di level internasional.

Ronaldo sebenarnya sudah menyandang status tersebut saat membela Timnas Portugal di Piala Eropa 2020. Dalam turnamen itu, CR7 membukukan lima gol dan merebut gelar top skorer.

Tambahan lima gol membuat koleksinya menyentuh angka 109 gol. Namun Ronaldo masih harus berbagi tempat dengan Ali Daei yang sudah lebih dulu mencetak gol sebanyak itu bersama Timnas Iran.

Baca Juga:

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Prancis dan Jerman Tertahan, Ronaldo Pecahkan Rekor

Cristiano Ronaldo dan Tradisi Penyerang Gaek di Manchester United

Cristiano Ronaldo Datang, Manchester United Belum Akan Juara

Aksi Cristiano Ronaldo kontra Irlandia.

Ronaldo pun butuh satu gol lagi untuk menjadi pemegang rekor tunggal. Momen itu terjadi saat portugal menjamu Irlandia di Estadio Algarve pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (2/9) dini hari WIB.

Tampil sebagai starter, Ronaldo harusnya sudah memecahkan rekor tersebut saat laga memasuki menit ke-15. Portugal mendapat hadiah penalti setelah Bruno Fernandes dilanggar di kotak terlarang.

Ronaldo maju sebagai eksekutor penalti. Sayang, tembakannya bisa dibaca dengan tepat oleh Gavin Bazunu.

Laga itu nyaris berakhir menjadi mimpi buruk setelah Irlandia mencuri gol lewat aksi John Egan pada akhir babak pertama. Tim tamu mampu mempertahankan keunggulannya hingga waktu waktu normal hampir berakhir.

Pada momen inilah sihir Ronaldo tersaji. Sang megabintang sukses mencetak dua gol untuk membalikkan kedudukan.

Uniknya, dua gol Ronaldo dicetak lewat sundulan kepala. Prosesnya juga sangat mirip.

Ronaldo pun mengekspresikan gol keduanya dengan cukup emosional. Ia membuka jersey dan berlari ke sudut lapangan.

"Saya sangat senang, bukan hanya karena saya memecahkan rekor, tetapi untuk momen spesial yang kami miliki," kata Ronaldo usai laga kepada RTE.

"Dua gol di akhir pertandingan. Saya harus menghargai apa yang dilakukan tim, kami percaya sampai akhir. Saya sangat senang."

Dua gol ke gawang Irlandia melengkapi 111 gol Ronaldo di level internasional. Torehan tersebut masih sangat mungkin bertambah sehingga sulit dilampaui pemain lain.

BolaSkor.com telah merangkum deretan fakta menarik terkait 111 gol Ronaldo di level internasional. Berikut ini rangkumannya:

1. Ronaldo butuh 180 laga untuk mencetak 111 gol bersama Timnas Portugal. Rata-rata golnya di setiap pertandingan menyentuh angka 0,6.

2. Gol pertama Ronaldo untuk Timnas Portugal dicetak ke gawang Yunani pada laga perdana fase grup Piala Eropa 2004. Itu merupakan caps kedelapannya.

3. Gol pertama Ronaldo dicetak dengan sundulan. Cara serupa juga dilakukannya saat mencetak yang ke-111.

4. Irlandia menjadi negara ke-45 yang pernah dibobol Ronaldo. Lithuania dan Swedia menjadi menjadi yang paling banyak dijebol dengan masing-masing berjumlah tujuh gol.

5. Ronaldo paling banyak mencetak gol untuk Portugal di ajang kualifikasi Piala Dunia dengan jumlah 33 buah. Sisanya dicetak di ajang kualifikasi Piala Eropa (31 gol), uji coba (19 gol), Piala Eropa (14 gol), Piala Dunia (7 gol), UEFA Nations League (5 gol), dan Piala Konfederasi (2 gol).

6. Ronaldo paling sering mencetak gol lewat kaki kanan yaitu 58 kali. Sementara kaki kirinya menghasilkan 25 gol dan 28 gol dari sundulan kepala.

7. Ronaldo sudah menorehkan tujuh hat-trick dan 2 quat-trick bersama Timnas Portugal. Sementara ia mencetak dua gol dalam 18 laga.

8. Sebanyak 90 golnya dicetak dari dalam kotak penalti. Sementara 21 sisanya dari luar kotak penalti.

9. Sebanyak 23 dari 111 gol Ronaldo dicetak dari situasi bola mati. Rinciannya 14 penalti dan sembilan tendangan bebas.

10. Ronaldo memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa dengan 14 gol. Ia juga top skorer gabungan Piala Eropa dan Piala Dunia dengan 21 gol.

11. Ronaldo lebih banyak mencetak gol di babak kedua bersama Portugal. Jumlahnya mencapai 67 gol.

Cristiano Ronaldo Timnas Portugal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan