BolaSkor.com - Laga puncak Piala Eropa 2020 akan tersaji. Italia menghadapi Inggris, pada laga final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Minggu (11/7) waktu setempat atau Senin (12/7) dini hari WIB.

Italia melaju ke final usai mengalahkan Spanyol dalam adu tendangan penalti dengan skor 4-2 (1-1). Sebelumnya Gli Azzurri mengalahkan Belgia 2-1 pada babak perempat final.

Lalu mundur satu pertandingan, Italia mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar melalui perpanjangan waktu. Ini setelah Gli Azurri lolos sebagai pemuncak Grup A dengan kemenanga atas Turki (3-0), Swiss (3-0), dan Wales (1-0).

Sedangkan Inggris menjadi pemuncak Grup D usai menang atas Kroasia (1-0) dan Republik Ceko (1-0), serta imbang tanpa gol kontra Skotlandia. Di babak 16 besar, Inggris menyingkirkan Jerman 2-0..

Di perempat final, The Three Lions menghcurkan Ukraina 4-0. Di babak semifinal, Inggris kalahkan Denmark 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Jelang laga Italia melawan Inggris, ada beberapa fakta menarik yang tersaji. Berikut fakta menarik jelang Italia melawan Inggris di final Piala Eropa 2020:

Baca Juga:

Prediksi Italia Vs Inggris: Selangkah Lagi Merengkuh Supremasi Sepak Bola Eropa

Jadwal Siaran Langsung Final Piala Eropa 2020: Italia Vs Inggris di RCTI

Piala Eropa 2020: Harry Kane Tak Gentar dengan Sejarah Besar Italia

Italia Vs Inggris
Italia Vs Inggris. (Twitter)

1. Italia lolos ke final Piala Eropa untuk kali keempat. Hanya Jerman yang lebih banyak melakukannya (enam kali).

2. Timnas Italia tak terkalahkan dalam 33 laga (27 kali menang dan enam kali imbang).

3. Italia jadi tim kedua dalam sejarah Piala Eropa yang punya lima pemain berbeda yang telah mencetak dua gol atau lebih di satu edisi turnamen (Chiesa, Pessina, Insigne, Immobile, dan Locatelli).

4. Inggris untuk pertama kalinya sepanjang sejarah lolos ke final Piala Eropa. Prestasi terbaik mereka sebelumnya hanya semifinalis edisi 1996 saat menjadi tuan rumah.

5. Jordan Pickford sukses memecahkan rekor sebagai kiper Inggris dengan catatan tak kebobolan terpanjang yaitu 725 menit. Ia melewati rekor Gordon Banks dengan 720 menit pada 1966.

6. Harry Kane kini menjadi pencetak gol terbanyak Inggris di turnamen besar (EURO/Piala Dunia) dengan koleksi 10 gol. Namun ia tidak sendirian karena Jumlah tersebut sama dengan yang dikumpulkan Gary Lineker.

7. Inggris untuk pertama kalinya menang di fase gugur Piala Eropa dari keadaan tertinggal lebih dulu.

8. Timnas Italia dan Inggris tercatat sudah bertemu dalam 27 pertandingan. Gli Azzurri menang 11 kali . Inggris meraih delapan kemenangan, dan delapan laga laninnya beakhir imbang.

9. Italia tercatat tidak pernah meraih kemenangan dalam delapan pertemuan pertama dengan Inggris. Sementara Inggris mampu menang dengan gol tunggal dalam tujuh laga terakhir.

10. Inggris selalu mengalami kekalahan dan tersingkir dari turnamen dalam pertemuan melawan Italia diii Piala Eropa sebelumnya. Gol Marco Tardelli membawa Italia menang 1-0 atas Inggris di fase grup Piala Eropa 1980. Lalu Inggris kalah dari Italia melalui adu tendangan penalti pada perempat final Piala Eroa 2012.

11. Italia tidak pernah kalah dari Inggris dalam pertandingan di putaran final turnamen besar. Italia menang 2-1 atas Inggris dalam perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1990. Lalu Italia menang 2-1 atas Inggris pada fase grup Piala Dunia 2014.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini