BolaSkor.com - Timnas Putri India dinyatakan mundur dari Piala Asia Wanita 2022. Hal ini setelah 12 dari 23 pemain mendapat hasil positif COVID-19.

Hasil ini keluar jelang pertemuan antara Timnas Putri India dengan dengan China Taipei di laga kedua Grup A. Laga tak bisa dimainkan karena India tak bisa memenuhi syarat atau mendaftarkan minimal 13 pemain untuk pertandingan.

Hanya sembilan pemain yang tersedia. Mengingat dua pemain lain mengalami cedera.

Baca Juga:

Evaluasi Timnas Putri Jelang Lawan Thailand

Timnas Putri Indonesia Kalah Besar dari Australia, Thailand Enggan Lengah

Pasal 4.1 Peraturan Khusus untuk Kompetisi AFC selama pandemi Covid-19 berlaku. India tidak dapat berpartisipasi dalam pertandingan, harus bertanggung jawab atas tidak berlangsungnya pertandingan dan dianggap telah mengundurkan diri.

Adapun sesuai pasal 6.5.5 Peraturan Kompetisi, semua pertandingan India dibatalkan dan dianggap batal demi hukum. Semua poin dan gol dalam pertandingan tersebut tidak akan dipertimbangkan saat menentukan peringkat akhir grup sesuai dengan Pasal 7.3.

Selain itu, sesuai dengan Pasal 7.4 Peraturan Kompetisi, penghitungan peringkat ketiga terbaik di antara semua grup harus sesuai dengan Lampiran 2 Manual Operasi Kompetisi AFC.

"Kami sama kecewanya dengan seluruh bangsa saat ini dengan situasi yang tidak beralasan ini. Namun, kesehatan dan kesejahteraan para pemain adalah yang terpenting bagi kami, dan itu tidak dapat dikompromikan dalam keadaan apa pun. Saya berharap semua pemain dan ofisial tim yang terinfeksi segera pulih dan pulih sepenuhnya. Mereka akan mendapat dukungan yang baik dari AIFF dan AFC,” kata Presiden Federasi Sepak Bola India (AIFF), Praful Patel.

"Tim ini patah hati, dan saya meminta semua untuk menghormati perasaan dan kondisi mereka. Saya bangga dengan janji besar yang ditunjukkan tim di pertandingan pertama mereka, dan saya yakin mereka akan membuktikan keberanian mereka dalam waktu dekat, ”katanya.