13 Fakta Menarik Jelang AS Roma Vs Liverpool

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 02 Mei 2018
13 Fakta Menarik Jelang AS Roma Vs Liverpool
Jurgen Klopp dan Eusebio Di Francesco. (Zimbio)

BolaSkor.com - AS Roma akan menjamu Liverpool dalam laga laga leg kedua semifinal Liga Champions, di Stadio Olimpico, Rabu (2/5). The Reds berada di atas angin setelah unggul 5-2 pada pertemuan pertama.

Kemenangan besar tersebut membuat Liverpool hanya membutuhkan hasil imbang atau kalah tidak lebih dari dua gol jika ingin menantang Real Madrid di final. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, optimistis timnya dapat melakukan hal tersebut.

"Kami ingin melaju ke final. Itu adalah hal yang besar. Saya menilai kami sungguh pantas berada di sini," ujar Klopp seperti dilansir BBC.

Pada sisi lain, pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco, tak kalah percaya diri untuk membalikkan keadaan. Di Francesco berharap dukungan dari suporter yang menjadi pemain ke-12 dapat memantik semangat Daniele De Rossi dan kawan-kawan.

"Kami menginginkan comeback dalam lagi ini dan tampil dengan seluruh kemampuan. Kami harus melakukan sesuatu yang benar-benar hebat. Kami harus memiliki keyakian dan mentalitas yang hebat. Bersama para suporter dan semangat di sekitar tim, kami akan mencoba melakukan keajaiban lain," kata Di Francesco.

Liverpool memiliki catatan apik ketika berstatus sebagai tim tamu. Dari delapan laga tandang terakhir di seluruh kompetis, Mohamed Salah dan kawan-kawan mencatatkan lima kemenangan, dua imnbang, dan hanya satu kali tersungkur.

Berikut ini 13 fakta menarik jelang AS Roma versus Liverpool:

1. Sepanjang sejarah Liga Champions, tidak ada tim yang mampu membalikkan keadaan setelah kalah 5-2 pada leg pertama.

2. Liverpool belum pernah kalah dari AS Roma di kompetisi Eropa dalam empat pertemuan terakhir. Rinciannya, The Reds meraih dua kemenangan dan dua imbang.

3. Dalam sembilan kesempatan, Liverpool melenggang ke final kompetisi Eropa sebanyak tujuh kali. The Reds hanya gagal di tangan Inter Milan (1964-1965) dan Chelsea (2007-2008).

4. Semifinal kali ini merupakan yang pertama bagi AS Roma sejak 27 tahun yang lalu.

5. AS Roma adalah satu-satunya tim yang belum kebobolan di kandang pada Liga Champions 2017-2018.

6. AS Roma memenangi empat dari lima pertandingan terakhir di Olimpico.

7. Liverpool adalah satu-satunya tim yang belum pernah terkalahkan pada Liga Champions 2017-2018.

8. Dengan mendulang 38 gol, Mohamed Salah dan kawan-kawan merupakan tim paling subur di antara wakil Inggris lainnya pada satu edisi Liga Champions. Bahkan, catatan tersebut hanya kalah dari Real Madrid yang mencetak 41 gol pada musim 2013-2014.

9. Liverpool adalah tim pertama dalam seharah Liga Champions yang memiliki pemain depan dengan torehan lebih dari tujuh gol (Salah 10 gol, Firmino 10 gol, Sadio Mane delapan gol).

10. James Milner telah membukukan delapan assist di Liga Champions musim ini (sembilan termasuk kualifikasi). Jumlah tersebut menjadikan Milner sebagai pembuat assistterbanyak dalam satu edisi sejak format baru diperkenalkan pada musim 2003-2004.

Salah tak melakukan selebrasi ketika mencetak gol ke gawang AS Roma. (Zimbio)

11. Mohamed Salah selalu mencetak gol pada laga terakhir Liverpool di Liga Champions. Sang pemain mengulangi pencapaian Steven Gerrard pada Oktober 2007 hingga Februari 2008.

12. Edin Dzeko selalu mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir Il Giallorossi di Liga Champions. Belum pernah ada pemain AS Roma yang mampu melakukan hal tersebut.

13. Kiper AS Roma, Alisson, telah menyelamatkan 20 tembakan ke gawang saat timnya berlaga di Stadio Olimpico pada Liga Champions musim ini.

AS Roma Liverpool Liga Champions
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan