BolaSkor.com - Piala AFF 2020 akan digelar mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Turnamen bergengsi di kawasan Asia Tenggara bakal lebih menarik menyusul hadirnya sejumlah pemain dari liga Eropa.

Pemain dari liga Eropa menjadi pilihan untuk menambah kekuatan. Setidaknya ada enam timnas yang akan diperkuat pemain dari liga Eropa.

Thailand merupakan salah satunya. Selain itu, ada pula Filipina, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Laos.

Thailand akan melibatkan dua pemain dari liga top Asia J-League yakni Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan. Keduanya masing-masing membela Consadole Sapporo dan Yokohama F. Marinos.

Adapun sang juara bertahan Vietnam hanya akan mengadalkan pemain dari klub liga lokal, seperti Hanoi FC, Song Lam Nghe An, Hoang Anh Gia Lai, Viettel, dan Binh Dinh.

Lantas siapa saja pemain liga Eropa yang akan unjuk gigi di Piala AFF 2020?

Baca Juga:

Deretan Fakta Menarik Sepanjang Sejarah Piala AFF

5 Pemain Timnas Indonesia Paling Berpengalaman di Piala AFF 2020

Thailand

1. Kawin Thamsatchanan

Kawin Thamsatchanan. (Istimewa)

Kiper yang ikut mengantarkan Thailand menjadi juara Piala AFF 2014 dan 2016 membela klub Belgia OH Leuven, yang kini berkiprah di Belgian First Division A.

Sejak musim 2017/2018, Kawin tercatat baru tampil 20 kali.

2. Jonathan Khemdee

Jonathan Khemdee merupakan bek berdarah Denmark-Thailand berusia 19 tahun. Ia kini tercatat membela klub Denmark Odense Boldklub yang tampil di Danish Superliga.

Sebelum diikutkan di Piala AFF 2020, Jonathan Khemdee lebih dahulu membela Timnas Thailand U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

3. Thanawat Suengchitthawon

Gelandang serang berusia 21 tahun ini tercatat membela Leicester City. Ia bergabung dengan The Foxes sejak September 2020 dan bergabung untuk skuat pengembangan.

Ia sempat masuk dalam daftar cadangan skuat senior saat melawan Manchester City pada 3 April 2021.

Filipina

4. Jesper Nyholm

Jesper Nyholm. (Instagram)

Bek kelahiran Swedia 28 tahun silam dan bernama lengkap Jesper Gunnar Fernando Nyholm merupakan pemain keturunan Filipina. Darah Filipina mengalir dari ibunya.

Karier profesionalnya dihabiskan di Swedia. Kini ia bermain untuk klub Djugardens IF di Liga Swedia Allsvenskan.

Jesper Nyholm sempat dipanggil Timnas Filipina pada Mei 2021 untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Itu sebelum namanya masuk daftar skuat untuk Piala AFF 2020.

5. Harry Foll

Gelandang berdarah Jerman-Filipina berusia 23 tahun ini menjalani karier profesionalnya sejak 2017 di Jerman. FC 08 Vilingen klub yang kini dibela.

6. Angel Guirado

Angel Guirado winger atau striker berusia 36 tahun. Ia kini tercatat sebagai pemain klub Alhaurin de la Torre, yang berkiprah di Tercera Division atau kasta keempat Spanyol.

Angel Guirado sebelummya pernah membela klub di Asia Tenggara seperti Udon Thani, Chonburi (Thailand), Davao Aguilas (Filipina), dan Negeri Sembilan (Malaysia).

Singapura

7. Ikhsan Fandi

Ikhsan Fandi. (Instagram)

Salah satu anak dari legenda Singapura Fandi Ahmad ini kini membela klub Norwegia FK Jerv, yang berkiprah di kasta kedua atau 1.divisjon. Ia lebih dahulu membela klub Norwegia lain Raufoss IL pada musim 2019-2020 setelah tampil mengesankan dalam trial.

Malaysia

8. Dion Cools

Dion Cools. (Instagram)

Pemain bernama lengkap Dion Johan Cools kini memperkuat klub Danish Superliga, FC Midtjylland. Itu setelah berkarier di Belgia. Ia berposisi sebagai bek kanan dan berusia 25 tahun.

Dion Cools yang berdarah Belgia-Malaysia memulai debut bersama Timnas Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan UEA pada 3 Juni. Ia kemudian disertakan dalam daftar skuat untuk Piala AFF 2020.

9. Luqman Hakim Shamsudin

Pada 20 September 2019, Luqman Hakim menandatangani kontrak lima tahun dengan Kortrijk, klub Belgian First Division A. Ia pindah ke Kortrijk pada Juli 2020 karena pandemi dan ia lebih dulu memperkuat Selangor FC.

Luqman Hakim membela Kortrijk U-21 dan sempat masuk skuat senior untuk Piala Belgia.

Baca Juga:

5 Pemain yang Ditunggu Kiprahnya di Piala AFF 2020

5 Pemain Keturunan yang Berkarier di Eropa Akan Warnai Piala AFF 2020

Indonesia

10. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri berusaha merebut bola. (Instagram FK Senica)

Egy melanjutkan kariernya di Eropa bersama FK Senica, klub Liga Slovakia. Itu setelah empat tahun bergabung dengan Lechia Gdansk.

FK Senica main di liga utama Slovakia atau Fortuna Liga. Egy lebih mendapat banyak kesempatan bermain dan mencetak dua gol debut dalam laga ke-16 liga melawan MSK Zilina.

Egy diperkirakan baru akan tampil di Piala AFF jika Timnas Indonesia menembus semifinal. Mengingat baru akan dilepas klubnya setelah tanggal 18 Desember.

11. Witan Sulaeman

Winger Timnas Indonesia berusia 20 tahun kini berbaju klub Polandia Lechia Gdansk. Ia sudah berkarier di Eropa sejak bergabung dengan klub Serbia FK Radnik Surdulica pada 2020-2021. Witan sejauh ini baru membela Lechia Gdansk II.

12. Elkan Baggott

Bek kelahiran 23 Oktober 2002 memiliki darah Indonesia dari sang ibu, sementara ayahnya berkebangsaan Inggris. Elkan Baggott berstatus sebagai pemain klub Inggris Ipswich Town.

Elkan Baggot membuat debut senior pada 6 Oktober 2020 melawan Gilingham dalam EFL Trophy. Setelah meneken kontrak profesional pada 28 Januari 2021, Elkan Baggot sempat dipinjamkan ke King's Lynn Town.

Laos

13. Billy Ketkeophomphone

Billy Ketkeophomphone. (Instagram)

Billy Ketkeophomphone menjadi andalan baru Timnas Laos. Ia lahir dari orang tua yang merupakan pengungsi Laos, yang melarikan diri ke Prancis pada 1980-an dan lahir di Champigny-sur-Marne, Prancis pada 24 Maret 1990.

Billy Ketkeophomphone kini membela klub Ligue 2 Prancis Dunkerque. Ia sebelumnya tampil di Ligue 1 ketika berbaju Angers SCO.