13 Pemain Timnas Indonesia yang Bermain di Luar Negeri Tahun 2021

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 26 Juli 2021
13 Pemain Timnas Indonesia yang Bermain di Luar Negeri Tahun 2021
Asnawi dalam laga Timnas Indonesia Vs Thailand. (ThailandNTOfficial)

BolaSkor.com - Kompetisi sepak bola Indonesia memang belum berjalan sejak diberhentikan pada Maret 2020, akibat pandemi COVID-19. Para pemain pun hanyaa bisa menikmati atmosfer pertandingan melalui Piala Menpora 2021.

Pesepak bola profesional di Indonesia pun harus serba salah menanti kompetisi digulirkan kembali. Ada yang bertahan di klubnya, ada pula yang mencoba peruntungan di luar negeri.

Tak sedikit pula yang mencoba peruntungan di luar negeri. Ini membuat daftar pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri bertambah.

Namun, hanya segilintir yang berlabel Timnas Indonesia. Berikut 13 pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri, yang disusun oleh BolaSkor.com:

Baca Juga:

TKA Dilarang Masuk, Bagaimana Nasib Shin Tae-yong?

PPKM Darurat hingga 25 Juli, TC Timnas Indonesia Kemungkinan di Jakarta

1. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam. (Intagram)


Kabar mengejutkan datang dari bek sayap PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar. Di luar dugaan penggawa Timnas Indonesia ini direkrut klub kasta kedua kompetisi Korea Selatan (Korsel), K League 2, Ansan Greeners FC. Ia dikontrak selama satu musim dengan perpanjangan 12 bulan.

Kepindahan Asnawi ke Korea Selatan ini juga merupakan andil besar dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu merekomendasikan kepada manajemen Ansan Greeners untuk bisa mendatangkan Asnawi.

2. Amiruddin Bagus Kahfi

Amiruddin Bagus Kahfi. (FC Utrecht)


Amiruddin Bagus Kahfi memang sudah menjadi perbincangan besar ketika dirinya ingin memperkuat FC Utrecht. Namun kepindahan Bagus Kahfi ke FC Utrecht itu menuai banyak drama. Namun pada akhirnya, Bagus Kahfi berhasil pindah ke Belanda.

Sebelum bermain di tim utama, adik kandung dari Amiruddin Bagas Kaffa ini terlebih dahulu bermain di FC Utrecht U-18. Rencananya Bagus Kahfi akan dikontrak oleh FC Utrecht sampai dengan pertengahan tahun 2022 mendatang.

3. Brylian Aldama

Brylian Aldama. (PSSI)


Sebenarnya dari pemain Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama lah yang terlebih dahulu mendapatkan tawaran bermain di luar negeri. Pemain asal Surabaya ini, akan berseragam klub Kroasia, HNK Rijeka pada tahun 2021. Brylian dikontrak dengan durasi selama 18 bulan.

Proses kepindahan Brylian sudah rampung, tapi sampai sekarang mantan pemain Persebaya Surabaya U-20 ini masih menunggu visa kerja yang belum rampung untuk bisa segera berangkat ke Kroasia.

4. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo. (Media Persija)


Ryuji Utomo resmi dipinjamkan Persija ke Penang FC.Ryuji akan berada di Penang FC selama semusim, hingga Desember 2021 mendatang. Ini bukan pertama kalinya Ryuji berkarier di luar negeri, sebelumnya ia juga pernah bermain untuk klub Bahrain Al Najma serta tim Thailand PTT Rayong.

Penang FC merupakan klub promosi di musim ini yang sebelumnya menjadi juara Malaysia Premier League 2020 (kasta kedua Liga Malaysia). Di ajang lain, Penang juga memiliki catatan empat kali juara Malaysia Cup, dan satu Malaysia FA Cup.

5. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre. (Instagram)


Persipura Jayapura akhirnya melepas salah satu talenta terbaiknya, Todd Rivaldo Ferre, ke klub Liga 2 Thailand, Lampang FC. Todd Rivaldo Ferre dilepas dengan status pinjaman.

Todd Rivaldo Ferre memang sudah dikabarkan akan direkrut oleh Lampang FC dengan status pinjaman. Maklum saja, Liga 1 2020 ditunda hingga Februari 2021. Pemain Timnas Indonesia U-23 itu akan dipinjam oleh Lampang FC hingga Maret 2021 dengan opsi perpanjangan satu bulan.

6. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu. (PSSI)



Kepidandahan Syahrian Abimanyu ke Johor Darul Ta'zim (JDT) menjadi perhatian besar pencinta sepak bola Tanah Air. Bagaimana tidak, selama ini Abi tidak pernah terdengar akan pindah ke luar negeri, tapi nyatanya ia pindah ke JDT dengan durasi kontrak tiga tahun.

Meski begitu, Abi tidak langsung bermain di JDT. Pemain asal Banjarnegara ini terlebih dahulu dipinjamkan ke Klub Liga Australia A-League, Newcastle Jets. Kini, ia sudah kembali ke JDT untuk Liga Super Malaysia.

Baca Juga:

Piala AFF Mungkin Digelar dengan Format Home Tournament

SEA Games Ditunda, Piala AFF Masih Sesuai Jadwal

7. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman. (PSSI)

Witan Sulaeman membela Radnik Surdulica. Ini merupakan klub Serbia yang berlaga di kompetisi sepak bola tertinggi Serbia atau Serbian SuperLiga. Witan dikontrak selama 3,5 tahun per Februari 2020. Kini, Witan Sulaeman lebi sering bermain untuk Radnik Surdulica U-20.

8. Elkan Baggott

Elkan Baggott
Elkan Baggott. (PSSI)

Elkan Baggott kini menjadi pemain belakang andalan Timnas Indonesia. Bek tengah berdarah Indonesia-Inggris ini kini membela Ipswich Town.

Kariernya gemilang dimulai dari Ipswich Town U-20. Dengan postur tubuh yang kekar dan tinggi, Ipswich Town membutuhkan jasanya.

9-10. Kelana dan Luah Mahessa

Kelana Mahessa
Kelana Mahessa. (PSSI)

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil dua pemain keturunan bersaudara, yakni Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa saat TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Keduanya berkarier di klub Jerman, Bonner SC. Bonner FC sendiri merupakan klub yang berkompetisi di divisi keempat Liga Jerman, Regionalliga West.

11. David Maulana

David Maulana
David Maulana. (PSSI)

Mantan pemain Timnas Indonesia U-19, David Maulana, resmi bergabung dengan tim asal Kroasia, HNK Rijeka. David Maulana menyusul jejak Brylian Aldama yang sudah lebih dulu berada di klub tersebut.

"Pastinya saya sangat senang bisa kembali bermain dengan Bri (Brylian Aldama). Saya telah bertanya-tanya ke dia, misalnya istilah-istilah sepak bola yang digunakan dalam bahasa Kroasia," kata David dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

"Saya senang karena kami bisa mewakili Indonesia sebagai jebolan Garuda Select di sana," tambah pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

12. Yanto Basna

Yanto Basna
Yanto Basna perkuat Timnas Indonesia. (Twitter)

Rudolof Yanto Basna menjadi pemain yang cukup lama bertahan di luar negeri. Ia melanglang buana di kompetisi sepak bola Thailand. Ia saat ini memperkuat PT Prachuap FC di kasta tertinggi Thai 1 League.

13. Khairul Imam Zakiri

Khairul Imam Zakiri
Khairul Imam Zakiri. (PSSI)

Mantan pemain Timnas Indonesia, Khairul Imam Zakiri, resmi berkarier di Eropa. Ia telah dikontrak oleh klub kasta kelima Liga Spanyol, CP Villarrobledo. Sebelumnya, Khairul Imam Zakiri memang menuntut ilmu di Spanyol dan sempat menjalani beberapa trial di klub Negeri Matador.

Timnas Indonesia Trivia Sepak Bola Asnawi Mangkualam Bagus Kahfi Amiruddin Bagus Kahfi Brylian Aldama Syahrian Abimanyu Ryuji utomo Todd Rivaldo Ferre Rivaldo Todd Ferre Witan Sulaeman Elkan Baggott David Maulana Yanto Basna Rudolof Yanto Basna Luah Mahessa Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan