14 Venue Ditetapkan, Indonesia dan Thailand Jadi Kandidat Kuat Juara APG 2022

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 20 Juni 2022
14 Venue Ditetapkan, Indonesia dan Thailand Jadi Kandidat Kuat Juara APG 2022

BolaSkor.com - Persiapan menuju ASEAN Para Games XI yang sedianya digelar di Kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 semakin matang. Kesiapan 14 venue membuat tersenyum ASEAN Para Sport Federation (APSF).

APG 2022 merupakan momen yang ditunggu-tunggu paralympian dari sebelas negara Asia Tenggara. Ni Nengah Widiasih dkk. harus menunggu lima tahun untuk bisa bertanding di APG lagi.

Sejauh ini, penantian para paralympian Indonesia semakin membuahkan hasil. APSF cukup puas setelah memantau deretan venue bersama para technical delegate pekan ini.

Dari 14 venue yang telah ditetapkan, sembilan di antaranya dikebut renovasinya oleh Kementerian PUPR. Sementara venue renang yang awalnya ditempatkan di Karanganyar harus dipindahkan ke Kolam Renang Jatidiri, Semarang.

"Secara umum kami bahagia dengan apa yang telah dilaporkan dan apa yang kami lihat di Solo dan area yang menjadi tempat pelaksanaan. Kedepan dari LOC bisa dengan cepat dan lebih diprioritaskan lagi terhadap hal-hal yang telah direkomendasikan oleh APSF dan pihak yang terlibat dalam koordinasi," kata Sekjen APSF, Wandee Tosuwan, Sabtu (18/6).

Pemantapan persiapan dilakukan lewat Coordination Commission Meeting II and Technical Delegate I di Solo, 18-20 Juni 2022. Perpres Nomor 95 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 juga telah ditetapkan pada 17 Juni 2022.

Sekjen INASPOC, Rima Ferdianto, menyebut terbitnya Perpres tersebut membuat kesiapan menuju ASEAN Para Games 2022 bisa lebih matang.

"Mulai pekan depan sudah disupport 14 kementerian terkait. Bahkan pada hari Senin ada jadwal dari empat kementerian. Diharapkan dengan adanya perhatian dari berbagai kementerian bisa mensukseskan ASEAN Para Games," tutur Rima Ferdianto.

Thailand dan Indonesia Bersaing

Dalam kesempatan ini, Rima turut menyampaikan bahwa Singapura dan Malaysia mengurangi jumlah atlet yang diberangkatkan ke Indonesia. Dua negara ini membagi atlet untuk ajang Commonwealth Games 2022 di Birmingham, Inggris.

Praktis, pertarungan perebutan gelar semakin mengerucut pada kontingen Indonesia dan Thailand. Dua negara ini merupakan kontingen dengan jumlah atlet terbanyak di APG 2022.

Rima yang juga menjabat sebagai Wasekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menyebut peluang kedua negara cukup berimbang. Indonesia berupaya mematahkan mitos tuan rumah tak pernah juara pada ajang APG.

"Tidak ada cabang olahraga yang menguntungkan tuan rumah karena yang digelar itu-itu terus. Makanya, Indonesia berusaha mematahkan mitos itu, bahwa tuan rumah jarang jadi juara," papar Rima.

"Kita percaya atlet kita karena mereka berlatih keras. Kalau di Malaysia kita bisa juara umum, apalagi saat ini jadi tuan rumah. Semoga kita bisa mematahkannya," pungkas Rima. (Laporan kontributor Putra Wijaya)

Breaking News Asian Para Games
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan