BolaSkor.com - Mayoritas klub Liga 1 2020 menuntut PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera mungkin untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa. Bahkan, 15 klub Liga 1 tersebut sudah melayangkan surat resmi.

Sebelumnya, mayoritas klub Liga 1 2020 menuntut RUPS Luar Biasa PT LIB atas dasar meminta kejelasan kepastian bisnis kompetisi hingga subsidi klub. Tak hanya itu, RUPS Luar Biasa ini juga untuk menyelesaikan masalah nasib kompetisi karena pandemi Virus Corona (COVID-19), dan konflik internal PT LIB.

Baca Juga:

Arema FC Sepakati Sikap PSSI agar Subsidi Kompetisi Liga 1 Dibayarkan Utuh

COO Bhayangkara FC Berharap RUPS PT LIB Segera Dilaksanakan

PT LIB terjerat isu nepotisme. Sempat beredar kabar bahwa anak Cucu Somantri, Pradana Aditya Wicaksana masuk dalam strukur organisasi PT LIB sebagai General Manager (GM). Namun hal kabar itu buru-buru dibantah oleh Cucu Somantri.

Meski begitu, Direktur Operasional Sujarno dan Direktur Keuangan Anthony Chandra Kartawirya justru membenarkan bahwa Pradana Aditya menjabat sebagai GM PT LIB tanpa melalui keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bahkan, Direktur Operasional Sudjarno, Direktur Bisnis Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan Anthony Chandra Kartawiria membuat sikap kekecewaan dan keresahan karena kinerja Cucu Somantri. Hal ini karena keputusan sepihak Cucu Somantri.

PT LIB melalui surat nomor 187/UB-COR/V-2020 pada tanggal 4 Mei 2020 sebelumnya meminta PSSI untuk menghentikan secara total Liga 1 dan Liga 2. Tak hanya itu, PT LIB juga meminta subsidi klub Liga 1 dan Liga 2 dipotong.

PT LIB ingin subsidi klub Liga 1 dibayar sebesar Rp350 juta per termin, sedangkan klub Liga 2 sebesar Rp100 juta termin. Artinya klub Liga 1 hanya menerima Rp3,5 miliar (Rp350 juta X 10 termin), sedangkan klub Liga 2 sebesar Rp1 miliar (Rp100 juta X 10 termin).

PSSI pun menanggapi hal tersebut dengan penolakan. PSSI ingin PT LIB membayar subsidi klub sesuai janji awal, serta menunggu arahan Pemerintah Republik Indonesia (RI) terkait nasib kompetisi.

Persija Jakarta

"Memang rekan-rekan yang lain sudah menghendaki untuk ada RUPS Luar Biasa. Untuk membahas bagaimana nasib tim-tim dan kelanjutaan dari kompetisi ini sendiri seperti apa. Ini yang diminta dari beberapa teman-teman di Liga 1," kata Sumardji kepada BolaSkor.com.

"Dan untuk masalah RUPS Luar Biasa ini, kami semua dari tim Liga 1 sudah sepakat dan sudah mengirimkan surat kepada PSSI dan PT LIB agar RUPS Luar Biasa ini bisa segera dilaksanakan," pungkasnya.

Saat ini Liga 1 dan Liga 2 sedang dihentikan sampai 29 Mei 2020 akibat pandemi Virus Corona. Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali berjalan setelah 1 Juli 2020, jika status tanggap darurat Virus Corona tidak diperpanjang oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Jika tidak, kompetisi akan diberhentikan total. Ada opsi jika kompetisi dibatalkan, yakni mengelar turnamen sebagai pengganti Liga 1 dan Liga 2.

Bhayangkara FC

Berikut klub yang sudah melayangkan surat permintaan untuk menggelar RUPS:

1. Arema FC
2. PSIS Semarang
3. Persebaya Surabaya
4. Borneo FC
5. Persela Lamongan
6. Madura United
7. Persija Jakarta
8. Persik Kediri
9. Bali United
10. Barito Putera
11. Bhayangkara FC
12. Persiraja Banda Aceh
13. Persita Tangerang
14. PSM Makassar
15. Persib Bandung