15 Tahun Kontrak Profesional Lionel Messi, Ketika Tisu Makan Mengawali Segalanya

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 04 Februari 2019
15 Tahun Kontrak Profesional Lionel Messi, Ketika Tisu Makan Mengawali Segalanya
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Pada 4 Februari 2004, Lionel Messi resmi menandatangani kontrak pertamanya sebagai pemain profesional. Sebuah kontrak yang diawali dari coretan di atas tisu makan.

Siapa sangka sebuah tisu makan menjadi dokumen terpenting dalam sejarah sepak bola dunia. Dari tulisan di atas tisu itulah awal dari seorang Lionel Messi.

Kisah perjalanan karier Lionel Messi tidak lepas dari sosok bernama Carles 'Charly' Rexach. "Saya akan masuk dalam sejarah Barcelona," kata Rexach suatu waktu.

Baca Juga: 3 Alasan Lionel Messi akan Tampil di Piala Dunia 2022

Lionel Messi
Carles Rexach dan Lionel Messi (Mundo Deportivo)

Lahir dan besar di Pedralbes, sebuah pemukiman dekat dengan markas Barcelona, Camp Nou, Rexach sudah bergaung dengan Blaugrana sejak usia 12 tahun. Selanjutnya, lebih dari lima dekade dia mengabdi bersama klub.

Rexach bermain untuk Barca selama 17 tahun, dia juga pernah menjadi pelatih, asisten pelatih, direktur teknis, hingga penasihat presiden. Namun, semua itu bukanlah alasan yang membuat dia mengatakan namanya akan masuk buku sejarah Barcelona.

Pada medio September 2000, setelah Boca Juniors menyatakan tidak mampu membiayai pengobatan kelainan horman pertumbuhan yang diderita Messi, sang ayah memutuskan menghubungi kerabatnya di Katalunya.

Messi ditemani sang ayah, Jorge, seorang agen bernama Fabian Soldini terbang ke Barcelona. Tiba di Bandara El Prat, Horacio Gaggioli, agen mitra Soldini, sudah menanti. Messi dan keluarga terbang setelah agen lain bernama Josep Maria Minguella menerima rekaman Messi. Minguella langsung mengundang Messi sekeluarga ke Barcelona dan mengatur pertemuan sekaligus trial.

Minguella menghubungi Charles Rexach, yang saat itu menjabat direktur teknis Barcelona. Meski cuma melihat dari rekaman video, Minguella mengatakan kepada Rexach jika dia menemukan pemain seperti Diego Maradona. Sebagai catatan, Minguella merupakan sosok yang membawa Maradona ke Barcelona 20 tahun sebelumnya.

Keesokan harinya, Messi langsung berlatih bersama tim muda Barcelona, saat itu Cesc Fabregas dan Gerard Pique ada di dalam tim tersebut. Saat bersiap latihan, semua mata melihat kepada sosok mungil yang pendiam. Namun, setelah di atas lapangan, semuanya berdecak kagum.

Barcelona Lionel Messi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan