150 Laga Premier League, Jurgen Klopp Transformasi Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 24 September 2019
150 Laga Premier League, Jurgen Klopp Transformasi Liverpool
Jurgen Klopp (Zimbio)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menorehkan rekor spesial ketika memimpin timnya meraih kemenangan 2-1 di Stamford Bridge, markas Chelsea, dalam lanjutan pekan enam Premier League, Minggu (22/9) malam WIB.

Kemenangan yang terasa spesial bagi manajer yang murah senyum dan mudah tertawa itu, sebab ia menyempurnakan kemenangan itu di laga ke-150 di Premier League. Sudah lima tahun berlalu sejak pelatih kelahiran Stuttgart, 16 Juni 1967 datang ke Anfield.

Klopp datang ke Liverpool pada Oktober 2015 menggantikan Brendan Rodgers dan teken kontrak tiga tahun (kontraknya sudah diperpanjang saat ini). Hanya ada delapan pemain yang tersisa dari skuat ketika Klopp datang sampai saat ini.

Baca Juga:

Chelsea 1-2 Liverpool: Sapu Bersih Kemenangan, The Reds Koleksi 18 Poin

Jurgen Klopp Dukung Steven Gerrard Gantikan Dirinya di Liverpool

Kedalaman Skuat Bisa Jadi Pembeda Liverpool dengan Man City dalam Perebutan Titel Premier League

Jurgen Klopp

Mereka yang ada di tim utama adalah: Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Joe Gomez, James Milner, Jordan Henderson, Adam Lallana, Roberto Firmino, dan Divock Origi.

Klopp butuh waktu untuk mengembangkan skuat Liverpool hingga ia menemukan tim yang diinginkannya. Dalam proses transformasi Liverpool di bawah asuhannya, Klopp melalui beberapa 'batu ganjalan' kegagalan di dua final: Piala Liga dan Liga Europa.

Selain itu, Klopp juga disindir koleganya, Jose Mourinho, terkait kesulitannya meraih trofi di Liverpool namun tetap mampu bertahan dan jauh dari ancaman pemecatan. Semua itu dilaluinya dengan santai.

Perlahan tapi pasti, Klopp melengkapi kepingan puzzle Liverpool dengan merekrut pemain-pemain yang saat ini jadi tulang punggung: Mohamed Salah, Sadio Mane, Fabinho, Virgil van Dijk, Joel Matip, Alisson, dan Andrew Robertson.

Mendatangkan Van Dijk dan Alisson tidak mudah. Liverpool berkorban dengan mengeluarkan 150 juta poundsterling untuk merekrut keduanya. Kendati demikian, pengorbanan mereka sesuai dengan kontribusi besar keduanya.

Kesabaran fans Liverpool berbuah manis ketika mereka melihat tim kesayangan mengangkat trofi Liga Champions musim 2018-19, titel Liga Champions pertama sejak 2005, yang kemudian dilanjutkan dengan titel Piala Super Eropa.

Kritikan publik dan Mourinho soal raihan trofi Klopp setidaknya berakhir saat ini.

Breaking News Jurgen Klopp Liverpool Premier League Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan