16 Besar Piala Asia 2019: Jepang Tantang Vietnam, Juara Bertahan Menang Dramatis

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 Januari 2019
16 Besar Piala Asia 2019: Jepang Tantang Vietnam, Juara Bertahan Menang Dramatis
Australia menang adu penalti kontra Uzbekistan (Foto: @Socceroos)

BolaSkor.com - Timnas Jepang melanjutkan perjalanan mereka di Piala Asia 2019 hingga fase perempat final setelah mengalahkan Arab Saudi. Sementara sang juara bertahan, Australia, menang dramatis atas Uzbekistan.

Diawali dari pertandingan dua kontestan Piala Dunia 2018, Jepang dengan Arab Saudi yang berlangsung di Stadion Al-Sharjah, Senin (21/1) malam WIB. Pertandingan berlangsung ketat dengan duel perebutan bola sengit di antara kedua tim.

Jepang unggul dari segi teknik bermain karena diperkuat pemain-pemain yang bermain di Eropa seperti: Yuto Nagatomo (Galatasaray), Maya Yoshida (Southampton), Hiroki Sakai (Olympique Marseille), Gaku Shibasaki (Getafe), dan Yoshinori Muto (Newcastle United).

Gol cepat mereka lesakkan di menit 20 ketika bek berusia 20 tahun yang bermain di Sint-Truiden (Belgia), Takehiro Tomiyasu, menanduk bola tanpa mampu diantisipasi Mohammed Al-Owais, kiper Arab Saudi.

Baca Juga:

Yordania 1-1 Vietnam (2-4): Lolos ke 8 Besar, Golden Dragons Ukir Sejarah Baru di Piala Asia 2019

Thailand 1-2 China: The War Elephants Gagal Ikuti Jejak Vietnam

5 Bintang Piala Asia 2019 yang Berpeluang Tampil di Eropa

Gol Takehiro Tomiyasu

Pasca ketertinggalan itu Arab meningkatkan tempo bermain. Mereka mendominasi penguasaan bola sampai 77 berbanding 23 persen Jepang. Namun, tim arahan Juan Antonio Pizzi tidak mampu memanfaatkan 15 percobaan tendangan menjadi gol - hanya satu yang tepat sasaran.

Pada akhirnya pertahanan Jepang sulit ditembus Arab Saudi. Kemenangan 1-0 sudah cukup bagi Jepang arahan Hajime Moriyasu untuk lolos ke delapan besar Piala Asia 2019.

Untuk kali pertama dalam sejarah sepak bola Jepang, Samurai Blues meraih empat kali kemenangan beruntun - terhitung dari penyisihan grup. Ada catatan menarik lainnya.

Tiap kali Jepang mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0 di fase gugur Piala Asia, mereka selalu jadi juara seperti di tahun 1992 dan 2000. Pertanda bagus untuk Jepang? Tidak ada yang tahu pasti.

Sementara itu, Australia melanjutkan perjalanan mereka untuk mempertahankan gelar pasca menyingkirkan Uzbekistan. Drama terjadi di adu penalti setelah hasil kedua tim di waktu normal, plus babak tambahan berakhir dengan skor kacamata.

Di drama adu penalti, kiper Brighton & Hove Albion, Mathew Ryan, menjadi pahlawan Australia dengan dua tepisannya yang mengagalkan dua eksekutor penalti Uzbekistan, Islom Tukhtakhodjaev dan Marat Bikmaev.

Mathew Ryan pahlawan Australia di drama adu penalti

Di perempat final, Australia akan menanti pemenang laga antara Uni Emirat Arab (UEA) kontra Kirigistan, pada laga yang berlangsung di Hazza bin Zayed, Jumat (25/1). Sementara Jepang akan melawan Vietnam di Al-Maktoum, Kamis (24/1).

Breaking News Piala Asia Piala Asia 2019 Jepang Dovizioso Kuasai Pole GP Jepang Vietnam Uzbekistan Arab saudi Australia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan