BolaSkor.com - Pada masa Covid-19 ditambah renovasi yang sedang dilakukan di Santiago Bernabeu, Real Madrid memainkan semua pertandingan kandang di tempat latihan, Stadion Alfredo Di Stefano di Valdebebas. Itu artinya, duel El Clasico melawan Barcelona pada akhir pekan ini juga akan dihelat di sana.

Stadion Alfredo Di Stefano akan menjadi tempat ke-18 yang mendapatkan kesempatan menyelenggarakan duel El Clasico. Sebelumnya, ada deretan stadion di dalam dan luar Spanyol yang pernah menjadi saksi bisu sengitnya laga El Clasico.

Berikut ini adalah 17 stadion lainnya yang pernah menjadi tempat dihelatnya El Clasico:

Hipodromo de Madrid (1902)
Jumlah Penampilan: 1 (Copa Coronacion)
Menang: Barca 1, Madrid 0

Pertandingan pertama antara Barcelona dan yang kemudian disebut Madrid FC dimainkan pada tanggal 13 Mei 1902 di lintasan balap kuda tua di Madrid. Kesempatan itu adalah semifinal Copa Coronacion untuk menghormati Alfonso XIII, turnamen pertama yang dimainkan oleh tim-tim dari berbagai belahan Spanyol.

Baca Juga:

4 Warisan Lionel Messi di El Clasico

Serba-serbi El Clasico: Bukan Derby, Asal-usul, dan Duel Pertama

6 Momen Paling Kontroversial dalam Sejarah El Clasico

Camp del Carrer Muntaner, Barcelona (1906 dan 1916)
Jumlah Pertandingan: 2 (1 pertandingan persahabatan dan satu Copa del Rey)
Menang: Barca 2, Madrid 0

Madrid membalas kunjungan itu empat tahun kemudian, ketika Barca bermain di Carrer Muntaner. Anehnya, meski saat itu sudah menjadi kandang bagi Espanyol, Barcelona juga memanfaatkan lapangan tersebut saat mereka mengalahkan Madrid pada pertemuan resmi pertama mereka, leg pertama semifinal Copa del Rey 1916.

Camp de la Industria, Barcelona (1913 hingga 1921)
Pertandingan: 10 (semua pertandingan persahabatan)
Menang: Barca 7, Madrid 0 (3 seri)

Barcelona pindah ke L'Escopidora (tempolong). Madrid mengunjunginya selama 10 kali antara 1913 dan 1921, semua pertandingan persahabatan, di mana Los Cules tidak pernah kalah.

Estadio de O'Donnell, Madrid (1914 hingga 1922)
Jumlah Pertandingan: 3 (semua pertandingan persahabatan)
Menang: Barca 2, Madrid 0 (1 seri)

Pada era yang sama, Madrid FC (disebut Real Madrid dari 1920 dan seterusnya) bermain di lapangan di Calle O'Donell. Barcelona berkunjung tiga kali dan tidak pernah dikalahkan di sana.

Campo de O'Donnell, Madrid (1916)
Jumlah Pertandingan: 3 (semua Copa del Rey)
Menang: Barca 0, Madrid 2 (1 seri)

Tanah itu jangan disamakan dengan Campo de O'Donnell, di ujung jalan, yang merupakan rumah bagi Athletic (sekarang Atletico Madrid). Real Madrid menggunakan lapangan tetangga mereka untuk tiga pertandingan Copa del Rey melawan Barcelona pada 1916, termasuk dua pertandingan ulang, Satu di antaranya berakhir dengan skor 6-6.

Campo de Delicias, Zaragoza (1922)
Jumlah Pertandingan: 2 (kedua pertandingan persahabatan)
Menang: Barca 2, Madrid 0

Pada tahun 1922, kedua klub bertemu untuk pertama kalinya di wilayah netral dalam pertandingan persahabatan berturut-turut sebagai bagian dari perayaan Zaragoza di Fiestas del Pilar. Barcelona memenangi kedua pertandingan tersebut, tetapi poin pembicaraan terbesar datang ketika Josep Samitier dikeluarkan dari lapangan. Para penggemar sangat marah sehingga justru wasit yang diusir.

Estadio Chamartin, Madrid (1926 hingga 1946)
Jumlah Penampilan: 23 (15 Liga, 2 Copa del Rey, 6 pertandingan persahabatan)
Menang: Barca 7, Madrid 13 (3 seri)

Stadion besar pertama Madrid menampung 22.500 orang dan dibuka pada tahun 1924. Barcelona pertama kali bermain di sana dalam pertandingan persahabatan tahun 1926, menang 5-1, dan akan kembali setiap tahun setelah musim Liga pertama dimainkan pada 1929.