2 Pemain Ajax, Ziyech dan Mazraoui Disarankan Tidak Berpuasa saat Melawan Tottenham

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 07 Mei 2019
2 Pemain Ajax, Ziyech dan Mazraoui Disarankan Tidak Berpuasa saat Melawan Tottenham
Zakaria Labyad, Hakim Ziyech, dan Noussair Mazroui (Twitter)

BolaSkor.com - Bulan suci Ramadan telah tiba dan para muslim di dunia berpuasa selama sebulan penuh, tidak terkecuali untuk pesepakbola di seluruh dunia. Akan tapi, dua pemain Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui, disarankan tidak berpuasa.

Bukan tanpa alasan keduanya disarankan tidak berpuasa. Pasalnya, Ajax tengah memasuki fase krusial jelang akhir musim untuk mewujudkan ambisi treble. Pasca menjuarai Piala KNVB, Ajax arahan Erik ten Hag juga punya peluang meraih titel Eredivisie dan Liga Champions.

Ajax akan melawan Tottenham Hotspur di leg dua semifinal Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5) dini hari WIB, di laga terdekat mereka. Ajax memimpin 1-0 dari leg pertama, namun, agregat gol itu belum sepenuhnya aman.

Ajax butuh kemampuan terbaik dari seluruh pemain terbaiknya, termasuk Ziyech dan Mazraoui. Ziyech sudah bermain selama 2237 menit (27 laga) di Eredivisie - mencetak 16 gol dan memberi 12 assists, sementara Mazraoui tampil 2104 menit (26 laga).

Baca Juga:

Hakim Ziyech, Maestro dari Maroko Hasil Tempaan Sepak Bola Belanda

Daley Blind dan Dusan Tadic, Dua Pemain Buangan Premier League yang Bersinar di Ajax

Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech

Itulah kenapa Raymond Verheijen, pelatih kebugaran Belanda dan mantan asisten manajer timnas Wales, menyarankan kepada kedua pemain itu untuk tidak berpuasa di fase krusial musim 2018-19. Verheijen khawatir performa kedua pemain itu menurun jika tetap berpuasa.

"Tidak akan bertanggung jawab jika Ziyech dan Mazraoui tetap berpuasa di (bulan) Ramadan di tahapan musim ini. Situasi Ajax sangat ekstrim - semuanya sadar akan hal tersebut. Tubuh para pemain akan mengalami deregulasi, karena mereka akan mengubah pola latihan dan diet dari 11 bulan terakhir," ucap Verheijen kepada Mirror.

"Jika Anda melakukannya sekarang, pada performa puncak di penghujung musim, maka itu seperti halnya melemparkan kunci besar pada roda kendaraan. Level kadar gula mereka akan jauh menurun - dan itu artinya kurang enerji."

"Tidak hanya itu membuat atlet-atlet jadi tidak peka, itu juga akan memberikan sinyal yang jauh lebih lemah kepada otot-otot tubuh. Matahari terbenam pada Rabu malam pukul 21.18 waktu setempat dan leg dua semifinal dimulai pada 21.00."

Terutamanya kala melawan Tottenham di Liga Champions dengan kemungkinan pertandingan berlanjut ke babak tambahan. Ziyech dan Mazraoui bisa kesulitan mengikuti ritme bermain tinggi pertandingan jika berpuasa.

"Anda tak bisa bermain tanpa makan sebelum pertandingan dan bagaimana jika laga berlanjut ke babak tambahan, dengan Tottenham memimpin 1-0? Saya berharap para pemain menyadari bahwa hampir mustahil bagi mereka melakukannya (puasa)," imbuh Verheijen.

Verheijen tidak sepenuhnya menyarankan keduanya untuk tidak berpuasa karena sedianya puasa bisa diganti dengan membayar fidyah atau diganti di hari lainnya.

"Mereka dapat mengganti ibadah puasa mereka nantinya. Bukankah hal tersebut diperbolehkan?. Tentu saja saya tidak tahu apa keputusan Mereka. Mereka dapat mengganti puasa Ramadan mereka dan itu tak mengganggu keimanan mereka,” urai Verheijen.

Atlet Berpuasa Breaking News Liga Champions Ajax Ajax amsterdam Tottenham Tottenham Hotspur Hakim Ziyech
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan