20 Pelatih Indonesia seperti Djanur, Rahmad Darmawan, Indra Sjafri akan Merapat ke Deportivo Alaves

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 15 Januari 2019
20 Pelatih Indonesia seperti Djanur, Rahmad Darmawan, Indra Sjafri akan Merapat ke Deportivo Alaves
Indra Sjafri menjadi salah satu pelatih yang ikut ke Spanyol. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Sebanyak 20 pelatih Indonesia akan menimba ilmu di Spanyol. Klub La Liga Deportivo Alaves menjadi tujuan.

Ke-20 pelatih itu yakni Djadjang Nurdjaman, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso, Wolfgang Pikal, Rudy Eka Priyambada, Joko Susilo, Liestiadi, Hanafing, Tony Ho, Emral Abus, Rahmad Darmawan, Iwan Setiawan, Nil Maizar, Indra Sjafri, Widodo C. Putro, Yeyen Tumena, Mundari Karya, Yunan Helmi, Syafrianto Rusli, dan Seto Nurdiyantara.

Mereka menuju Spanyol untuk melanjutkan kursus mengambil lisensi AFC Pro, yang sudah dimulai sejak April 2018. Selain ke-20 pelatih Indonesia, kursus lisensi AFC Pro yang digelar PSSI untuk pertama kalinya juga diikuti pelatih asal Jepang Fujiwara dan dua arsitek asal Malaysia Adam bin Abdullah serta Elavaran.

Para pelatih Indonesia dan Jepang serta Malaysia akan berangkat pada 19 Januari. Mereka akan bertolak pulang pada 29 Januari.

Baca Juga:

Disebut Sudah Tanda Tangan Kontrak, Ivan Kolev Pantau Latihan Persija

Lengkapi Slot Pemain Asing, Arema FC Resmikan Dua Penggawa Impor Baru

"23 pelatih akan ke Spanyol dari 19 sampai 29 Januari untuk mempelajari Deportivo Alaves. Mulai dari persiapan pertandingan, keseharian, dan melihat bagaimana tim di latih. Ini merupakan kursus modul kelima, kursus modul keenam akan digelar di Indonesia. Spanyol dipilih karena menjadi barometer sepak bola," jelas Direktur Media dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo.

Deportivo Alaves dianggap tepat bagi para pelatih. Mengingat memiliki pengelolaan yang baik meski klub kecil.

Babazorros, julukkan Deportivo Alaves kini berada di lima besar La Liga 2018-2019. "Perkiraan para pelatih 20 Januari sudah masuk kelas. Mereka juga akan mendapat bimbingan dari instruktur pelatih di sana."

"Selain melihat langsung, mereka akan mengunjungi akademi dan melihat bagaimana mempersiapkan bibit muda sampai pemain itu masuk klub profesionalnya. Para pelatih juga akan melihat pertandingan Deportivo Alaves melawan Rayo Vallecano," sambung Gatot.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri berharap kunjungan ke Spanyol menambah ilmu. "Kami sudah selesaikan empat modul dan tinggal tiga. Mudah-mudahan modul kelima diselesaikan dengan baik."

"Dalam modul keenam, instruktur akan melihat pelatih melatih, sementara modul ketujuh kami akan persentasikan tesis dengan tugas mengamati klub di Eropa selama enam bulan," terang Indra Sjafri.

"Bagi kami, ini bentuk mengejar ketertinggalan. Pelatih dibutuhkan bukan hanya kualitas, tapi juga kuantitas," kata Indra Sjafri.

Breaking News PSSI Indra sjafri Rahmad darmawan Djadjang nurdjaman
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan