BolaSkor.com - Loyalitas merupakan hal langka yang jarang ditemui - bahkan hampir tidak ada - di era sepak bola modern. Mereka yang masih bertahan dalam jangka waktu panjang bersama klubnya masing-masing patut diberi apresiasi.

Entah karena mereka tak laku di klub lain atau sudah berada di usia senja, tantangan bertahan di satu klub bukanlah hal yang mudah. Bahkan Daniele De Rossi dan Steven Gerrard pernah bermain di klub lain.

Di 20 klub Premier League saat ini, pada musim 2019-20, ada 20 pemain yang masuk kategori pemain senior paling loyal dengan klubnya masing-masing. Siapa saja?

Baca Juga:

Chelsea Imbang Kontra Leicester, Frank Lampard Berdalih The Blues Kelelahan

Pierre-Emerick Aubameyang Tebar Ancaman untuk Liverpool dan Manchester City

Unik, Wasit Laga Chelsea Vs Leicester City Diganti karena Terjebak Macet

1. Emiliano Martinez - Arsenal

Emiliano Martinez

Selepas kepergian Laurent Koscielny ke Girondins Bordeaux, Arsenal kini punya satu kiper senior yang mungkin tak Anda duga. Namanya adalah Emiliano Martinez, kiper berusia 26 tahun asal Argentina.

Martinez sudah ada di Arsenal sejak 2010 (dari akademi). Sejak promosi ke tim utama pada 2012, Martinez masih berstatus pemain Arsenal dan sering dipinjamkan ke klub lain dari Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, dan Reading.

2. Jack Grealish - Aston Villa

Jack Grealish

Usianya baru berumur 23 tahun, tapi, Jack Grealish sudah ada di Aston Villa sejak 2001 (dari akademi) dan masih bertahan sampai saat ini. Kapten Villa sudah merasakan bermain di Championship, degradasi dari Premier League hingga membawa klub kembali ke Premier League.

3. Harry Arter - Bournemouth

Harry Arter

Gelandang berusia 29 tahun sudah membela Bournemouth dari tahun 2010, sempat dipinjamkan ke Carlisle United, Cardiff City, dan Fulham. Harry Arter dibeli hanya 4.000 poundsterling pada 2010 dari Woking.

4. Lewis Dunk - Brighton & Hove Albion

Lewis Dunk

Sempat dirumorkan sebagai pengganti Harry Maguire di Leicester City. Tapi pada akhirnya, Lewis Dunk bertahan dengan Brighton yang sudah diperkuatnya dari 2010 (dan sebelumnya bermain di akademi). Dunk sudah punya satu caps dengan timnas Inggris.

5. Kevin Long - Burnley

Kevin Long

Tidak menjadi pemain reguler di Burnley. Tapi, bek bertinggi badan 1,90 meter sudah menjadi pemain senior The Clarets sejak tahun 2010. Kevin Long cukup sering dipinjamkan ke klub lain. Beberapa klub itu seperti Rochdale, Porstmouth, dan Barnsley.

6. Jamal Blackman - Chelsea

Jamal Blackman

Cesar Azpilicueta bukan pemain paling lama yang ada di Chelsea. Ia masih kalah dari kiper berusia 25 tahun, Jamal Blackman, yang sudah bertahan dengan Chelsea dari 2006 (akademi). Blackman lebih banyak dipinjamkan ke klub lain seperti: Wycombe Wanderers dan Sheffield United.

7. Joel Ward - Crystal Palace

Joel Ward

Bek berusia 29 tahun sudah bermain untuk klub London sejak tahun 2012. Sebelum membela Crystal Palace, Joel Ward bermain untuk Portsmouth (2008-2012) dan dipinjamkan ke Bournemouth (2008-09).

8. Leighton Baines - Everton

Leighton Baines

Loyalitas pemain yang satu ini patut diacungi jempol, padahal Leighton Baines punya peluang pergi ketika diincar Manchester United. Baines sudah berada di Everton sejak tahun 2007 dan tampil lebih dari 300 laga.

9. Andy King - Leicester City

Andy King

Semenjak meninggalkan akademi Chelsea dan gabung Leicester City sejak tahun 2004, lalu promosi ke tim utama pada 2006, Andy King terus bermain di sana sampai saat ini. King sempat merasakan titel Premier League di tahun 2016.

10. Jordan Henderson - Liverpool

Jordan Henderson

Sudah diplot sebagai kapten pengganti Steven Gerrard kala dibeli dari Sunderland pada 2011. Jordan Henderson, meski sempat kesulitan di awal kariernya, kini menjadi kapten dan gelandang tangguh di lini tengah The Reds.