24 Tim 3x3 Jatim Berebut 8 Tiket Grand Final ke Jakarta

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 09 Maret 2023
24 Tim 3x3 Jatim Berebut 8 Tiket Grand Final ke Jakarta
Sesi jumpa pers jelang Final Province Livin' by Mandiri Indonesia 3×3 Tournament 2023 seri Jawa Timur. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Antusiasme tinggi ditunjukkan ratusan pebasket muda yang terlibat dalam ajang Livin' by Mandiri Indonesia 3×3 Tournament 2023 seri Jawa Timur. Babak final provinsi bakal dihelat di Lapangan Rampal, Malang pada Minggu (12/3).

Sebanyak 24 tim yang lolos dari masing-masing city selection akan berebut delapan tiket ke babak Grand Final di Jakarta. Jatim sendiri menggelar dua kali city selection, yakni di Surabaya dan Lamongan.

City selection Surabaya meloloskan 12 tim ke final provinsi Jatim. Di kelompok U-18 putra ada Mahameru, The Boys, dan Lakik.

Kemudian Zodiak, Jatim Jr, dam Coral Girls untuk U-18 putri. Ubaya Pro A, Elite, dan Ubaya Elite di U-23 putra. Sedangkan Jatim Pro, Ubaya, Petraballers di U-23 putri.

Sementara 12 wakil city selection Lamongan adalah Ebbrau, Ciputra, dan Guprat dari kategori U-23 putra. Kemudian di kategori putri ada UC, Unigoro, dan Misuhnives.

Kemudian dari U-18, ada Tuban, Back Street, The Lion Surabaya untuk putra. Lalu di kategori putri ada Mahameru, Gloria 1, dan Starion.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Bapak Olahraga Indonesia oleh NOC

Prestasi dan Reputasinya Diakui Dunia, Ketua NOC Sebut Indonesia Tak Bisa Diremehkan

Menariknya, tidak hanya pebasket muda dari Jatim saja yang berpartisipasi kali ini, namun juga dari wilayah lain. Mereka yang turut serta, ada tim proyeksi PON 2024 yang memang tengah bersiap dan mencari banyak sparing partner serta mengasah mental bertanding.

Trias Iskandar dari Supersport Sensation International selaku pihak penyelenggara mengatakan tidak mempermasalahkan keterlibatan pemain-pemain semi profesional. Pertemuan dengan tim-tim dari daerah lain dapat menambah jam terbang para pebasket muda.

“Menurut saya persaingannya memang (menjadi) cukup ketat. Sistem turnamen diputuskan oleh Perbasi. Apalagi program ini untuk membantu PP Perbasi menyiapkan talenta-talenta muda,” kata Trias menjawab BolaSkor.com.

Menurut Trias, dari masing-masing seri akan diambil sebanyak 8 tim putra dan putri U-23 serta 8 tim putra U-18 dan putri U-18 untuk melaju ke Grand Final di Jakarta. Setelah bergerak dari Jatim, event ini akan berlangsung di Jawa Barat, lalu ke Jawa Tengah, dan Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Grace Evi Ekawati, Ketua Pengprov Perbasi Jatim menyebutkan keterlibatan beberapa tim proyeksi PON 2024 tidak akan mematikan potensi atlet-atlet dari daerah.

“Ajang ini membantu kami menemukan bibit-bibit baru yang belum pernah terpantau sebelumnya. Dari Jatim sendiri menjadikan ajang ini untuk mempersiapkan tim ke PON,” beber Grace Evi.

“Begitu juga keikutsertaan tim-tim daerah lain yang memang menjadikan ajang ini kesempatan agar mendapatkan jam terbang, juga membentuk chemistry. Di samping itu, ini menjadi ajang untuk mengukur kemampuan mereka sebelum turun di PON,” tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan