3 Alasan Atalanta Jadi Lawan yang Patut Diwaspadai Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 03 November 2020
3 Alasan Atalanta Jadi Lawan yang Patut Diwaspadai Liverpool
Atalanta (Twitter)

BolaSkor.com - Atalanta akan menjamu Liverpool pada laga ketiga grup D Liga Champions di Atleti Azzurri d'Italia, Rabu (04/11) pukul 03.00 dini hari WIB. La Dea menjadi salah satu lawan yang patut diwaspadai The Reds.

Keduanya adalah dua tim teratas di klasemen grup D. Liverpool sudah mengoleksi enam poin dari dua kemenangan kontra Ajax Amsterdam dan Midtjylland, sementara Atalanta di urutan dua dengan koleksi empat poin.

Jelang laga nanti Liverpool jadi tim unggulan dengan pengalaman dan kualitas yang mereka miliki, terlebih mereka juara Liga Champions dua musim lalu. Kendati demikian laga nanti adalah pertemuan pertama kedua tim.

Terlebih ranah Italia tidak bersahabat bagi Liverpool. The Reds tiga kali menelan kekalahan ketika bermain tandang ke Italia di bawah arahan Jurgen Klopp, yakni ketika melawan Roma (2018) dan Napoli (2018 dan 2019).

Baca Juga:

Belajar dari Pengalaman Musim Lalu, Atalanta Semakin Berbahaya di Liga Champions

Prediksi Atalanta Vs Liverpool: Berebut Puncak Klasemen

Respek Tinggi Jurgen Klopp untuk Atalanta

Jurgen Klopp

"Pemain top dan rekrutmen top. Pemain yang sangat bagus dan terorganisir dengan baik, dan memainkan sistem dengan keyakinan 100 persen," tutur Jurgen Klopp soal Atalanta dikutip dari Football-Italia.

"Mereka menggunakan keterampilan individu dengan cara yang sangat cerdas. Ini adalah tantangan terbesar yang kami miliki di Liga Champions sejauh ini. Atalanta sangat sulit untuk dilawan. Sedikit mirip dengan Leeds dalam pendekatan mereka. Ini akan menjadi sulit."

Sudah sepatutnya Klopp mewaspadai Atalanta. Ada tiga alasan kuat mengapa Atalanta bisa jadi ancaman besar untuk Liverpool di laga nanti. Berikut ulasan dari BolaSkor.com:

1. Filosofi Bermain Atalanta

Atalanta

Fakta bahwa Atalanta adalah tim dengan permainan ofensif dan menghibur tak perlu diragukan lagi. Atalanta punya permainan yang dapat merepotkan lawan-lawan mereka dengan formasi tiga bek andalan Gian Piero Gasperini.

Dengan pressing (tekanan) yang kerap dibangun Atalanta mereka bisa merebut bola dari pemain lawan dan melancarkan serangan cepat. Ketika Atalanta melakukannya akan ada dua hingga empat pemain yang ada di kotak penalti.

Permainan itu diladeni Liverpool dengan gegenpressing (menekan dan melakukan serangan balik) akan jadi sajian menarik. Wajar jika Klopp membandingkan Atalanta dengan Leeds United-nya Marcelo Bielsa yang dihadapi di awal musim ini.

2. Duet Alejandro Gomez dan Duvan Zapata

Duvan Zapata dan Alejandro Gomez

Gol Atalanta bisa lahir dari mana saja akan tapi jika harus melihat pemain-pemain yang menonjol, maka dua sosok yang patut diwaspadai pertahanan Liverpool adalah Alejandro "Papu" Gomez dan Duvan Zapata.

Kedua pemain dua striker utama pilihan Gasperini. Zapata menjadi target man dengan kemampuan menyelesaikan peluang dan membuka ruang bagi rekan setim, sementara Alejandro Gomez striker lincah yang sulit dihentikan pergerakannya dan tahu mencari ruang di pertahanan lawan.

Duet Gomez-Zapata patut diwaspadai Liverpool. Zapata telah mencetak total lima gol dan memberikan empat assists dari total delapan pertandingan di seluruh kompetisi, sementara Gomez mencetak lima gol dan memberikan total tiga assists dari delapan laga di seluruh kompetisi.

3. Pertemuan Pertama

Atalanta vs Liverpool (BolaSkor.com)

Atalanta dan Liverpool baru pertama kali bertemu di Liga Champions atau turnamen antar klub Eropa. Kendati kedua tim sama-sama memiliki tim analisis untuk memantau kekuatan dan juga kelemahan lawan masing-masing, pertemuan di lapangan bisa berbeda.

Pertahanan Liverpool tanpa Virgil van Dijk dan Joel Matip yang baru pulih dari cedera akan mendapatkan ujian besar dari Atalanta. Apalagi Atalanta sudah belajar dari pengalaman di musim debut mereka di Liga Champions musim lalu.

Breaking News Trivia Sepak Bola Atalanta Liga Champions Liverpool Liverpool FC
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan