BolaSkor.com - Chelsea harus menjalani misi nyaris mustahil saat bertamu ke markas Real Madrid pada leg kedua perempat final Liga Champions 2021-2022. Namun peluang The Blues belum benar-benar tertutup.

Chelsea secara mengejutkan takluk 1-3 saat menjamu Madrid pada pertemuan pertama, tengah pekan lalu. Hal itu membuat tim asuhan Thomas Tuchel berada dalam posisi suit.

Sang juara bertahan harus menang dengan selisih tiga gol pada leg kedua di Estadio Santiago Bernabeu, Rabu (13/4) dini hari WIB. Itu menjadi satu-satunya cara mereka untuk lolos ke semifinal dan menjaga peluang mempertahankan gelarnya.

Baca Juga:

Lukaku Tak Bisa Bantu Chelsea di Kandang Madrid

Sikat Southampton, Chelsea Punya Catatan Mentereng di Kandang Lawan

Bangkit dan Bersinar Lagi, Edouard Mendy

Mengalahkan Madrid dengan selisih tiga gol di Santiago Bernabeu memang terdengar nyaris mustahil. Namun faktanya, Barcelona mampu melakukannya musim ini.

Chelsea punya kapasitas untuk mengikuti jejak Barcelona. Berikut ini tiga alasan yang mendukung peluang tersebut:

1. Rekor Tandang Mentereng

Chelsea punya rekor tandang yang mentereng sejak ditangani Tuchel. Mereka bahkan baru saja mencatatkan tujuh kemenangan tandang beruntun di berbagai ajang usai menghancurkan Southampton dengan setengah lusin gol, akhir pekan lalu.

Rangkaian kemenangan tandang itu merupakan yang terbanyak yang pernah dicatatkan dalam sejarah Chelsea. Bukan tidak mungkin rekor itu berlanjut di markas Madrid.

Apalagi Chelsea juga tak terkalahkan dalam empat lawatan terakhir ke tanah Spanyol. Dua di antaranya bahkan berakhir dengan kemenangan.


2. Lini Pertahanan Solid Kembali

Lini pertahanan Chelsea sempat menjadi sorotan usai kebobolan tujuh gol dalam dua laga kontra Brentford dan Madrid. Kualitas Edouard Mendy untuk menjadi palang pintu terakhir juga mulai diragukan.

Namun Tuchel tampak sudah memperbaiki kelemahan ini. Skema tiga bek tengahnya terbukti ampuh saat bertandang ke markas Southampton pada laga terakhir, akhir pekan lalu.

Trio Antonio Rudiger, Thiago Silva, dan Andreas Christensen hampir pasti kembali menjadi pengawal yang berdiri di depan Mendy. Mereka tentu tidak mau kembali dipecundangi oleh Karim Benzema dan kolega.


3. Santiago Bernabeu

Leg kedua perempat final Liga Champions 2021-2022 akan menjadi lawatan perdana Chelsea ke Estadio Santiago Bernabeu sepanjang sejarah klub. Itu artinya mereka tak punya trauma dari pengalaman masa lalu.

Musim lalu, Chelsea memang menyambangi markas Madrid saat bertemu di semifinal ajang yang sama. Namun ketika itu laga digelar di Estadio Alfredo Di Stefano karena Santiago Bernabeu masih direnovasi.

Bermain di Santiago Bernabeu untuk pertama kalinya bisa menjadi tambahan motivasi bagi Chelsea. Bukan tidak mungkin tim asuhan Thomas Tuchel akan tampil lepas.

Sepanjang musim ini, keangkeran Santiago Bernabeu sudah ternoda dua kali oleh FC Sheriff dan Barcelona. Bukan tidak mungkin Chelsea mengikuti jejak keduanya.