3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 26 September 2022
3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Usianya sudah berusia 37 tahun dan di musim ini baru mencetak satu gol (dari penalti), ia bahkan tidak jadi pilihan utama sebagai pemain reguler karena dinilai tidak ideal dalam skema bermain sang pelatih.

Ya, situasi itu terjadi di Manchester United mengenai megabintang peraih lima Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo. Kekayaan sudah dimiliki, kehidupan yang sehat, tapi tidak ada yang bisa melawan usia yang terus bertambah setiap tahunnya.

Ronaldo tetap Ronaldo dengan nama yang selalu jadi perhatian media, bahkan semenjak musim panas 2022 selalu ada pemberitaan mengenainya dari rumor hengkang setelah mempertanyakan ambisi klub, hingga ketakutan akan rekor yang bisa dilalui sang rival Lionel Messi di Liga Champions.

Baca Juga:

Target Cristiano Ronaldo: Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2024

Cek Fakta - Cristiano Ronaldo Racun di Kamar Ganti Pemain Manchester United?

Tidak Selamanya Buruk, Tampil di Liga Europa Bisa Menguntungkan Cristiano Ronaldo

Klub Ronaldo, Man United, musim ini tampil di Liga Europa karena musim lalu finish di luar empat besar dan gagal memenangi trofi.

Bagi beberapa pihak pun meyakini kepergian Ronaldo jadi salah satu hal bagus bagi Man United, tapi di satu sisi berbeda, Ronaldo seyogyanya masih dibutuhkan oleh klub - seperti yang dikatakan Erik ten Hag, pelatih Man United. Ada sejumlah faktor tentunya mengapa ia masih dibutuhkan klub.

1. Pimpin Pemain Muda

Sejak kembali ke Man United pada 2021 dan menjalani periode kedua dengan Red Devils, Ronaldo sudah diplot untuk jadi pemimpin bagi pemain-pemain muda klub. Dengan kesuksesan besar dalam kariernya, pengalaman Ronaldo bisa jadi contoh bagi mereka.

Ten Hag benar adanya dengan menilai adanya Ronaldo, Casemiro, Raphael Varane serta pemain-pemain bermentalitas juara dari klub sebelumnya seharusnya bisa menular ke rekan setim lainnya.

“Kita berbicara tentang kepemimpinan? Hari ini kami memiliki kepemimpinan di lapangan, tetapi dia juga salah satunya. Dia (Casemiro) tahu permainannya, dia tahu cara menang - dalam kariernya dia memenangkan begitu banyak trofi, dan itu penting," terang Ten Hag beberapa waktu lalu.

"Raphael Varane memilikinya (trofi), dengan Casemiro dan satu lagi dengan Ronaldo - Anda memerlukan beberapa panduan untuk pemain muda yang belum mencapai ini sampai sekarang karena itu adalah keinginan yang ingin kami capai dengan trofi."

2. Rotasi Pemain

Man United memang absen bermain di Liga Champions, tapi mereka masih berpatisipasi di Liga Europa, Piala FA, Piala Liga, dan Premier League. Belum lagi nanti November hingga Desember 2022 ada Piala Dunia.

Ronaldo jelas masih dibutuhkan Man United agar rotasi pemain Ten Hag berjalan dengan baik. Selepas Edinson Cavani pergi, Ronaldo praktis satu-satunya penyerang berpengalaman yang dapat memimpin lini depan.

Ronaldo akan sering dirotasi oleh striker utama pilihan Ten Hag seperti Marcus Rashford dan Anthony Martial. Nama yang disebut terakhir rawan cedera, alhasil keberadaan Ronaldo masih sangat dibutuhkan klub.

3. Proyek Erik ten Hag

Pelatih asal Belanda tidak lelah-lelahnya menjawab pertanyaan media seputar peran Ronaldo dalam timnya, dalam filosofi sepak bola yang coba diterapkannya. Ten Hag pun menjawab dengan tegas: Ronaldo tidak dijual dan dibutuhkan dalam proyeknya.

"Dia semakin dekat (dengan kebugaran terbaik), ketika dia mendapatkan lebih banyak kebugaran dia akan mencetak lebih banyak gol," ujar Ten Hag soal Ronaldo.

"Dia benar-benar berkomitmen untuk proyek ini, benar-benar terlibat. Dia juga memiliki koneksi yang datang di sekelilingnya dan sedang membangun koneksi. Saya senang dengan itu."

Ditambah fakta Ronaldo menegaskan masih akan bermain hingga 2024 dengan ambisi bermain di Piala Eropa 2024, maka Man United klub yang tepat baginya untuk menjaga level bermain serta kebugaran.

Ronaldo Cristiano Ronaldo Manchester United Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan