3 Alasan El Clasico Tetap Menarik meski Tak Ada Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 20 Oktober 2021
3 Alasan El Clasico Tetap Menarik meski Tak Ada Lionel Messi
El Clasico (Twitter)

BolaSkor.com - El Clasico antara Barcelona kontra Real Madrid akan berlangsung akhir pekan ini dalam lanjutan laga LaLiga di Camp Nou, Minggu (24/10) pukul 21.15 WIB. Suasana El Clasico nanti akan berbeda.

Tidak ada nama Lionel Messi yang telah pergi ke PSG (Paris Saint-Germain). La Pulga pergi dari klub yang sudah dibelanya sejak di La Masia lalu promosi ke tim utama pada 2004.

Hal tersebut juga mengartikan El Clasico pertama tanpa Messi dan juga Cristiano Ronaldo setelah keduanya pergi dari klubnya masing-masing. Tanpa keberadaan dua megabintang itu El Clasico diprediksi bakal kekurangan dari segi jumlah penonton.

Baca Juga:

5 Kandidat Terkuat Pemenang Ballon d'Or 2021

Kendati Tak Ada Lionel Messi, El Clasico Tetap Spesial

Ansu Fati, Harapan Barcelona Jelang El Clasico

Akan tapi bagi pecinta sepak bola Spanyol dan fans kedua klub, El Clasico tetaplah Clasico: laga klasik sarat gengsi antar dua klub top di Spanyol. Meski tanpa Lionel Messi El Clasico tetap seru untuk dinanti, berikut alasannya:

1. Aksi Pemain Muda

Ansu Fati di El Clasico

Waktu terus berjalan dan El Clasico akan terus berlangsung dengan atau tanpa Messi serta Ronaldo. Artinya, regenerasi akan terus berjalan dan bisa jadi tanpa keduanya bintang-bintang muda lainnya akan bersinar.

Siapa saja bintang-bintang muda yang dapat bersinar di El Clasico? Cukup banyak, seperti misalnya: Ansu Fati, Vinicius Junior, Rodrygo Goes, Pedri, Gavi, hingga rekrutan anyar Madrid Eduardo Camavinga.

Aksi mereka akan tetap meramaikan El Clasico meski tidak ada lagi nama Lionel Messi.

2. Kolektivitas dan Kejutan

Dari poin Madrid sudah terlebih dahulu melaluinya setelah ditinggal Ronaldo ke Juventus pada 2018, sementara bagi Barca mereka baru menjalani musim perdana tanpa Lionel Messi. Tanpa dua superstar itu baik Barca dan Madrid tak mengandalkan satu individu khusus.

Madrid memang masih punya Karim Benzema sebagai pemain yang dapat mengubah jalannya laga di Clasico, tetapi hal itu tak dimiliki Barca di mana semua pemainnya dapat memberi kejutan. Kolektivitas bermain kedua tim akan menjaga keseruan El Clasico.

3. Pembeda di El Clasico

Ini salah satu hal yang menarik. Madrid tanpa Ronaldo dan Barcelona tanpa Messi, artinya akan ada pemain yang dapat mencuri perhatian dengan menjadi pembeda di Clasico. Sorotan publik pun lebih merata tanpa kedua pemain yang punya kombinasi 11 raihan Ballon d'Or itu.

Selain bintang-bintang muda yang dapat bersinar di Clasico, jangan dilupakan juga mereka yang matang pengalaman atau bahkan senior yang sudah lama bermain di Clasico.

Tanpa Ronaldo di Madrid, Los Blancos arahan Carlo Ancelotti masih punya Benzema, Luka Modric, Toni Kroos, hingga Gareth Bale sebagai pemain-pemain senior yang dapat jadi pembeda pertandingan.

Sementara Barcelona memiliki Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergi Roberto, dan Philippe Coutinho. Pengalaman mereka diharapkan bisa membimbing pemain muda Barca bermain tenang di Clasico.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Madrid Real Madrid El clasico Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan