BolaSkor.com - Kabar yang dinanti fans Manchester City akhirnya datang. Fabrizio Romano selaku pakar transfer sepak bola Eropa telah mengonfirmasi keberhasilan The Citizens merekrut penyerang berusia 21 tahun, Erling Haaland.

"Erling Haaland ke Manchester City, here we go! Haaland telah lulus tes medis sebagai pemain baru Man City hari ini, dia kembali ke Dortmund. Ini akan resmi minggu ini," demikian pernyataan dari Romano.

"Man City telah memberitahu Direksi Dortmund bahwa mereka akan mengaktifkan klausul pembelian, mendekati angka 60-75 juta euro dalam beberapa pekan ke depan."

Baca Juga:

Tinggal Hitungan Hari, Manchester City Akan Umumkan Kedatangan Erling Haaland

Mau Bagaimanapun, Kedatangan Pogba Akan Untungkan Manchester City

Statistik yang Memperlihatkan Manchester City Unggul dalam Perburuan Titel Premier League

Terlebih kedatangan Haaland tidak akan memengaruhi struktur gaji pemain di klub. Pasalnya ada laporan penyerang timnas Norwegia akan digaji tidak melewati pendapatan Kevin De Bruyne. Haaland akan menerima 375.000 poundsterling per pekannya dan dikontrak selama lima tahun.

"Terlepas dari rumor, gaji Erling Haaland yang disepakati dengan Manchester City tidak akan melampaui level yang disepakati dengan Kevin De Bruyne, sekarang bernilai sekitar 375.000 poundsterling per minggu," tambah Romano.

"Haaland akan menandatangani kontrak dengan Man City hingga Juni 2027 - jadi dia tidak akan merusak struktur gaji City."

Pilihan Haaland untuk bergabung dengan City sudah tepat. Ada sejumlah faktor yang menjadikan City klub ideal baginya, apa saja?

1. Dilatih Pep Guardiola

Tidak semua pemain yang dilatih Pep Guardiola sukses, contoh itu seperti Mario Gotze. Akan tapi Guardiola selalu mencari cara untuk memaksimalkan pemain-pemain yang dimilikinya, tak terkecuali dengan Haaland.

Haaland sedikit memiliki kesamaan dengan Sergio Aguero dari segi kecepatan, mencari celah di pertahanan, dan lari dengan mendribel bola. Perbedaannya Haaland lebih unggul dari kekuatan fisik.

Pada usia 21 tahun sudah tepat Haaland gabung City dan dilatih Guardiola. Tengok saja perkembangan Phil Foden, Raheem Sterling kini di Man City.

2. Ikuti Jejak Sang Ayah

Man City seolah sudah ditakdirkan untuk diperkuat Haaland. Sang ayah, Alf-Inge Haaland, adalah pemain City medio 2000-2003 dan berposisi sebagai bek serta gelandang. Kini estafet itu diteruskan oleh Erling Haaland.

Tentu saja Man City saat ini berbeda dibanding saat masih diperkuat Alf-Inge Haaland, di mana kala itu City masih jadi tim papan tengah dan belum keluar dari bayang-bayang Manchester United. Menarik melihat kiprah Haaland di Etihad Stadium.

3. Pengganti Langsung Sergio Aguero

Pasca Sergio Aguero pergi Man City hanya punya Gabriel Jesus sebagai satu-satunya penyerang murni. Tak ayal dari segi kebutuhan Man City memang memerlukan Haaland. Kabar itu sekaligus menutup rumor ketertarikan City kepada Harry Kane.

Selain itu kedatangan Haaland dapat memicu transfer besar City lainnya yang juga akan ditinggal gelandang veteran, Fernandinho. Kandidat penggantinya seperti Declan Rice (West Ham United) dan Frenkie de Jong (Barcelona).