BolaSkor.com - Liverpool melakukan gebrakan pada musim panas ini. Dengan berita yang minim didengar, The Reds memperpanjang kontrak sang bintang, Mohamed Salah. Setidaknya ada tiga alasan kenapa Liverpool telah mengambil keputusan tepat.

Awalnya, Mohamed Salah menjadi satu di antara pemain yang masa depannya di Liverpool menjadi tanda tanya. Bagaimana tidak, kontrak mantan penggawa AS Roma itu akan usai pada musim panas tahun depan. Namun, pembicaraan transfer telah terhenti sejak Desember tahun lalu.

Kini, Liverpool membuat kemajuan pesat. The Reds berhasil meyakinkan Salah untuk bertahan di Anfield hingga 2025.

Baca Juga:

Moneyball Liverpool, Rekrut Bek Kanan untuk Saingi Trent Alexander-Arnold

Liverpool Masih Beberapa Langkah di Belakang Manchester City

Darwin Nunez dan Rekam Jejak Bomber Uruguay di Premier League

"Liverpool FC dengan senang hati mengumumkan Mohamed Salah telah menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan klub," bunyi pernyataan Liverpool.

"Penyerang, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FWA Tahun Ini dan Pemain Terbaik Pemain PFA Tahun 2021-2022 setelah membantu tim Jurgen Klopp meraih dua gelar piala domestik, telah berkomitmen untuk masa depannya bersama The Reds dengan meletakkan pena di atas kertas pada kesepakatan hari Jumat," sambung The Reds.

Kesepakatan tersebut sangat menguntungkan bagi kubu Liverpool. Sebab, setidaknya ada tiga alasan kenapa Liverpool sudah tepat memperpanjang kontrak Mohamed Salah.

Harga Masih Masuk Akal

Ketika perpanjangan kontrak berjalan di tempat, masalah utamanya adalah nilai gaji. Namun, pada akhirnya Liverpool mengalah dan menuruti kemauan Salah.

Menurut kabar yang beredar, kini Salah menjadi pemain Liverpool dengan gaji termahal. Salah mendapatkan 350 ribu pounds per pekan. Sebelumnya, tempat tersebut diduduki Virgil van Dijk dengan 220 ribu pounds per pekan.

Dengan apa yang diberikan Salah. Jumlah tersebut sangatlah wajar. Salah mendulang 156 gol dalam 254 laga. Dampaknya juga membawa Liverpool juara Liga Champions dan Premier League.

Jika masih kurang yakin apa yang diterima Salah masih masuk kriteria wajar, kita bisa menengok apa yang diberikan Manchester United ketika memboyong Alexis Sanchez dari Arsenal. Sang striker mendapatkan upah 350 ribu pounds per pekan. Padahal, aksinya di lapangan jauh dari harapan.

Bahkan, ketika membujuk Paul Pogba untuk memperpanjang kontrak Manchester United berani membayar 500 ribu pounds per pekan.

Sulit Cari Pengganti

Satu di antara pekerjaan rumah Liverpool ketika Salah angkat kaki adalah mencari pengganti. Pertanyaannya, apakah mudah menemukan suksesor Salah?

Dengan segala capaian individu dan klub, Salah menjadi satu di antara pemain terbaik saat ini. Apalagi, ia berstatus pemain terbaik Premier League pada musim lalu versi FWA.

Liverpool diyakini akan sulit mencari pengganti sepadan untuk Salah. Bahkan, jika ada, harga sang pemain diyakini sangat tinggi. Bukan tidak mungkin jika biayanya melebihi dari apa yang diperlukan untuk memperpanjang kontrak Salah.

Oleh karena itu, mempertahankan Mo Salah adalah keputusan terbaik. Liverpool tetap bisa menikmati servis satu di antara pemain terbaik saat ini.

Masih Ada di Usia produktif

Liverpool memperpanjang kontrak Mo Salah tiga tahun lagi. Hingga kontraknya berakhir, Salah punya potensi untuk tetap menjaga level permainan.

Mohamed Salah adalah tipe pemain yang bekerja keras. Meski sudah berusia 30 tahun, Salah tidak kalah dengan pemain yang lebih muda.

Kemampuan Salah dalam tiga tahun ke depan pun diyakini tidak akan banyak merosot. Apalagi, sudah banyak contoh jika umur bukanlah masalah bagi seorang striker. Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski membuktikannya.