BolaSkor.com - Saga transfer Cristiano Ronaldo akhirnya berakhir. Penyerang sayap Portugal berusia 33 tahun telah resmi meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan raksasa Serie A Italia, Juventus.

"Real Madrid mengumumkan, atas respon keinginan dan permintaan yang diekspresikan oleh Cristiano Ronaldo, dia telah sepakat pindah ke Juventus. Hari ini, Real Madrid ingin mengungkapkan terima kasih besar kepada seorang pemain yang telah membuktikan sebagai pemain terbaik dunia," bunyi pernyataan di laman resmi Madrid, Selasa (10/7).

Transfer itu selesai setelah Presiden Juventus, Andrea Agnelli, langsung bertolak langsung dari Italia ke Yunani, tempat Ronaldo berlibur, untuk membicarakan tentang transfer tersebut.

Jika merunut berita yang berkembang dalam beberapa bulan ke belakang, hubungan Madrid dan Ronaldo mulai retak setelah final Liga Champions kontra Liverpool. Dalam pesta kemenangan, Ronaldo justru menyiratkan akan hengkang dari Santiago Bernabeu.

Beberapa media mengabarkan, Ronaldo memilih Juventus sebagai destinasi berikutnya bukan tanpa pertimbangan khusus. Bomber timnas Portugal itu pernah mengatakan La Vecchia Signora adalah klub favoritnya pada masa kecil.

Selain itu, Ronaldo merasa tersanjung mendapatkan apresiasi dari suporter Juventus usai membobol gawang Gianluigi Buffon dengan tendangan akrobatik. Hal tersebut diyakini memperkuat keinginan CR7 bermain bersama Paulo Dybala dan kawan-kawan pada musim 2018-2019.

Selain dua alasan tersebut, BolaSkor.com telah merangkum tiga lainnya seperti di bawah ini: