3 Alasan Mengapa Manchester United Butuh Massimiliano Allegri

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 29 September 2020
3 Alasan Mengapa Manchester United Butuh Massimiliano Allegri
Massimiliano Allegri (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2020-2021 sudah dimulai dan cerita perjalanan Manchester United masih tidak jauh berbeda dari musim-musim sebelumnya: susah payah bermain, inkonsisten, dan performa tak meyakinkan.

Ketiga hal itu diperlihatkan di dua laga Premier League 2020-2021 melawan tim yang notabene bukan penghuni langganan papan atas klasemen, United kalah 1-3 dari Crystal Palace dan susah payah menang 3-2 atas Brighton & Hove Albion.

Semakin parahnya lagi sorotan kepada mereka bertambah karena klub baru merekrut satu pemain di bursa transfer musim panas: Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam. Sementara buruan lain seperti Sergio Reguillon dan Gareth Bale lepas dari bidikan (gabung Tottenham Hotspur).

Terlepas dari pemberitaan non-teknis tersebut, performa Man United menjadi sorotan di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Manajer berusia 47 tahun sudah melatih klub sejak Desember 2018 dan tidak terlihat peningkatan signifikan dari penampilan tim menyeluruh.

Baca Juga:

Mantan Bek Manchester United Bandingkan Era Kepemimpinan Van Gaal dan Solskjaer

Manchester United Kehilangan 'Ilmu Hitam' dalam Urusan Transfer Pemain

Brighton 2-3 Man United: Mistar Gawang Selamatkan Red Devils, Trossard Samai Catatan Cristiano Ronaldo

Dengan pemain-pemain top yang dimiliki dari Bruno Fernandes, Paul Pogba, Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Van de Beek, United masih kesulitan tampil bagus dan cenderung mengandalkan kualitas individu untuk 'menyelamatkan' hasil akhir laga.

Permainan United cenderung membosankan dengan minimnya variasi taktik yang dimiliki Solskjaer. Wajar jika beberapa waktu lalu tagar #OleOut sempat menjadi tren dan menghiasi media sosial. Statusnya sebagai legenda pemain tetap ada, namun karier kepelatihannya masih dipertanyakan.

Merekrut eks pelatih AC Milan dan Juventus Massimiliano Allegri bisa jadi opsi untuk Manchester United. Berikut BolaSkor.com menjabarkan alasan yang dirangkum dari berbagai sumber mengapa United harus coba merekrut Allegri:

1. Belum Melatih Kembali

Massimiliano Allegri terakhir melatih Juventus

Sejak pergi meninggalkan Juventus pada 2019 dan digantikan Maurizio Sarri Allegri tak lagi melatih klub. Di sela-sela waktunya tersebut Allegri dikabarkan mengikuti kursus Bahasa Inggris demi persiapan melatihdi Premier League.

Setahun tak melatih Allegri tentu ingin segera melatih kembali. Saat ini jadi momen tepat untuk United merekrutnya karena pelatih berusia 53 tahun tak sedang melatih klub atau timnas. Akan sulit merekrutnya jika Allegri tengah melatih klub atau timnas.

2. Wawasan Taktik Luas

Massimiliano Allegri punya banyak pilihan taktik

Menilik pengalaman Allegri ketika masih melatih Cagliari, Milan, dan Juventus ia selalu menerapkan variasi taktik yang berbeda sesuai dengan kondisi skuad dan pemain yang dimilikinya.

"Seorang pelatih harus berada di pinggir lapangan. Dia harus bernafas dalam permainan, dia harus memahami kapan waktunya untuk menggantikan atau melepas pemain terbaiknya karena tim membutuhkan jenis pemain yang berbeda," kata Allegri kepada ESPN.

"Bagaimana Anda bisa melihatnya dari tribun? Saya harus melakukannya beberapa kali dan Anda merasa terpisah. Anda terputus. Anda tidak mendengar suara lapangan. Anda tidak melihat para pemain di lapangan menghadapi dan Anda harus melakukan itu untuk memutuskan apakah sudah waktunya untuk melepaskannya atau mengatakan sesuatu untuk mendorong atau memacu mereka."

Variasi taktik Allegri beranekaragam dari tiga bek sejajar dalam variasi 3-5-2 atau 3-4-3, bisa juga taktik empat bek dalam pola 4-2-3-1, 4-3-3, atau 4-3-1-2.

Terpenting adalah menyesusaikan dengan skuad yang dimilikinya - tidak terpaku di satu formasi. Bisa dibayangkan bagaimana United dengan skuad terkini dipadukan dengan taktik bermain dan filosofi sepak bola yang tepat bersama Allegri.

3. Pelatih Juara

Max Allegri berpengalaman meraih trofi

Satu titel Serie A dengan AC Milan dan lima titel Serie A bersama Juventus, serta dua kali menjadi finalis Liga Champions pada 2015 dan 2017 dengan Bianconeri. Pengalaman besar Allegri melatih Juventus selama lima tahun (2014-2019).

Statusnya sebagai pelatih juara dan berpengalaman tak diragukan lagi. Bahkan ketika melatih Cagliari pada medio 2008-2010 Allegri terpilih sebagai Pelatih Muda Terbaik. Dengan skuad 'seadanya' seperti Cagliari Allegri bisa meracik taktik terbaik untuk tim.

Menilik ketiga poin tersebut Man United seyogyanya mencoba merekrut Allegri 'mumpung' sang pelatih tengah menganggur saat ini. Pasalnya skuad United saat ini tidaklah buruk dan dibutuhkan pelatih yang paham bagaimana memaksimalkan tim yang dimilikinya.

Breaking News Massimiliano Allegri Manchester United Ole gunnar Solskjaer Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan