BolaSkor.com - Masih dalam suasana pandemi virus corona Real Madrid juga masih selektif dalam melakukan transfer pemain. Pasca mengakhiri kerja sama dengan Zinedine Zidane, Los Blancos merekrut pemain baru jelang musim 2021-2022.

Dia adalah bek asal Austria David Alaba. Real Madrid mengontraknya dengan durasi kontrak lima tahun dan sang pemain akan dikenalkan setelah perhelatan Piala Eropa 2021 berakhir pada Juli mendatang.

"Real Madrid C. F. telah mencapai kesepakatan dengan David Alaba untuk pemain tersebut bergabung dengan klub selama lima musim ke depan," demikian pernyataan di laman resmi Madrid.

"David Alaba akan diresmikan sebagai pemain baru Real Madrid setelah berakhirnya Piala Eropa 2021."

Baca Juga:

Berlinang Air Mata, David Alaba Tinggalkan Zona Nyaman di Bayern Munchen

Alasan Real Madrid Tepat Jadikan Alaba Pengganti Ramos

Real Madrid Terapkan 10 Persen Pemotongan Gaji

David Alaba

Kedatangan Alaba ke Madrid sedianya sudah terlihat sejak Januari lalu ketika Marca melaporkan kedua pihak telah mencapai kata sepakat. Alaba pergi dari Bayern Munchen setelah kontraknya berakhir di akhir musim ini.

Kendati direkrut gratisan Alaba merupakan pemain berkualitas dan seyogyanya punya banderol mencapai 50 juta euro. Tak ayal langkah Madrid merekrutnya sudah tepat, terlebih ada faktor-faktor lainnya.

1. Penyegaran di Lini Belakang

Sergio Ramos

Real Madrid total memiliki delapan bek dalam skuad musim ini yakni Dani Carvajal, Eder Militao, Sergio Ramos, Raphael Varane, Nacho, Marcelo, Alvaro Odriozola, dan Ferland Mendy.

Akan tapi badai cedera hingga Covid-19 silih berganti menerjang bek-bek Madrid hingga perubahan komposisi sering terjadi, memaksa Zidane merombak skuadnya. Praktis hanya Eder Militao yang sering bermain dan juga Nacho.

Ramos, Nacho, Marcelo sudah berkepala tiga lebih. Tak ayal Madrid butuh penyegaran dan Alaba jadi jawabannya. Terlebih Alaba seorang petarung yang dapat bermain di banyak posisi dari bek kiri, tengah, hingga gelandang bertahan.

2. Pasangan Tepat

David Alaba dan Toni Kroos

David Alaba ideal untuk Madrid. Mengapa demikian? Pernyataan Alaba selepas Madrid mengonfirmasi transfernya di Twitter menjawab pertanyaan itu.

"Saya meninggalkan klub spesial untuk klub spesial lainnya. Saya benar-benar bahagia dan terhormat gabung Real Madrid," ucap David Alaba.

"Setelah bertahun-tahun di Munchen saya akan menghadapi tantangan baru dan saya akan terus memberikan yang terbaik untuk meneruskan sejarah spesial klub."

Madrid memang spesial seperti Bayern. Keduanya tim kuat dengan tradisi besar di Eropa serta selalu jadi favorit juara Liga Champions. Alaba, dengan mentalitas yang dibawanya dari Bayern, akan menemui suasana yang sama di Madrid.

3. Usia, Kualitas, dan Efisiensi

Efisiensi itu terlihat dengan keberhasilan Madrid merekrut Alaba. Pada situasi normal di bursa transfer pemain harga Alaba sedianya sudah mencapai 50 juta euro: berpengalaman, berkualitas, bisa main di banyak posisi, dan punya mentalitas kuat.

Pada usia 28 tahun Alaba berada di umur emas pesepak bola Eropa. Tak heran jika Madrid sudah melakukan transfer yang bagus untuk pengemas 79 caps dan 14 gol dengan timnas Austria itu.

Siapa pun pelatih baru Madrid nantinya dapat memainkan Alaba di banyak posisi dari bek tengah, kiri, serta gelandang bertahan. Alaba punya kaki kidal yang kuat dan dapat diandalkan untuk membangun serangan.