3 Alasan Takumi Minamino Pilihan yang Klop untuk Jurgen Klopp

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 13 Desember 2019
3 Alasan Takumi Minamino Pilihan yang Klop untuk Jurgen Klopp
Takumi Minamino (zimbio)

BolaSkor.com - Liverpool dikabarkan selangkah lagi akan meresmikan datangnya pemain Red Bull Salzburg asal Jepang Takumi Minamino. Jurgen Klopp disebut sangat tertarik menggaet pemain berusia 24 tahun tersebut.

Pihak Salzburg bersedia melepas Minamino setelah Liverpool menebus klausul pelepasan senilai 7,25 juta poundsterling, media di Inggris melansir Liverpool siap menebus klausul tersebut.

Baca Juga:

Raih Kemenangan Ke-100, Jurgen Klopp Belum Secepat Jose Mourinho

Takumi Minamino Curi Hati Kopites

Liverpool Terancam Tanpa Fabinho hingga Akhir Tahun, Sadio Mane Tidak Risau

Seperti dilansir Squawka, manajer Liverpool Jurgen Klopp menempatkan Minamino sebagai prioritas pertama dalam daftar incarannya untuk bursa transfer Januari 2020. Melihat langsung bagaimana Minamino tampil, khususnya saat melawan Liverpool, membuat Klopp jatuh hati.

Sekilas Minamino memang memenuhi kriteria pemain ideal Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu menyukai pemain yang sarat energi, serbabisa, dan cerdas membaca permainan.


Gaya Bermain

Salzburg mampu mencuri perhatian di ajang Liga Champions musim ini. Akan tetapi publik lebih menyoroti Erling Braut Haaland. Performa semerlang striker muda itu membuat penampilan apik pemain lain seperti Minamino, Hwang Hee-chan, dan Dominik Szabozlai berada di bawah radar.

Namun tidak bisa ditampik, permainan cerdas dan mengalir yang ditampilkan Salzburg tidak lepas dari andil Minamino. Pemain yang sudah 22 kali memperkuat timnas Jepang itu menjadi kunci Salzburg mendobrak pertahanan lawan.

Pemilihan dan akurasi umpan menjadi hal yang menonjol dari permainan Minamino. Tidak ketinggalan pergerakannya yang tidak kenal batas area. Hal ini identik dengan permainan yang diterapkan Klopp.

Kelebihan lain dari Minamino adalah kemampuannya menjalankan berbagai peran dan posisi, khususnya di lini serang. Dia mampu bermain apik sebagai sayap, seperti ketika Liverpool harus susah payah menang 4-3 di Anfield. Minamino juga bisa bermain sebagai gelandang serang pada pola 4-4-2 berlian, seperti yang dijalaninya pada laga kedua melawan Liverpool. Bahkan, Minamino bisa menjadi penyerang tangguh jika dibutuhkan.

Fleksibilitas semacam itu membuatnya ideal untuk Liverpool, klub yang tidak ragu memainkan James Milner sebagai bek kiri, menempatkan Alex Oxlade-Chamberlain sebagai gelandang box-to-box, hingga menampilkan Mohamed Salah sebagai false nine.

Jikapun tidak mendapat tempat di skuat utama, Minamino akan sangat bisa menjadi pelapis tangguh bagi Roberto Firmino, atau bahkan Sadia Mane dan Salah. Itu di lini depan, sedangkan di barisan tengah, Minamino akan menghadirkan tambahan kreativitas yang dibutuhkan The Reds.


Posisi di Liverpool

Seperti yang sudah diuraikan, Minamino merupakan pemain serbabisa. Dia mampu bermain di banyak posisi. Dan tampaknya Minamino akan menjalankan peran berbeda tiap kali tampil bersama Liverpool.

Meski memiliki kemampuan, Klopp kemungkinan tidak akan menempatkan Minamino di posisi Salah atau Mane. Jika di lini depan, Minamino lebih pas bermain di posisi Firmino. Ya, dengan adanya Minamino ketergantungan Liverpool kepada Firmino di area kreativitas bisa berkurang.

Produktivitas Minamino juga menjadi nilai plus. Kehadiran Minamino membuat Liverpool memiliki sumber gol lain. Sepanjang musim ini, Minamino sudah mengoleksi sembilan gol, termasuk dua di kompetisi Eropa, itu belum termasuk 11 assist yang dikemasnya.

Alasan Lain

Nilai plus lain dari Minamino tentu saja terkait dengan aturan UEFA yang menghilangkan aturan "cup-tied". Artinya jika sukses mendapatkan Minamino, Liverpool bisa memainkannya pada babak knockout Liga Champions.

Dengan kata lain, apapun posisi yang Klopp putuskan, sayap, gelandang serang di belakang striker, atau penyerang, Minamino akan menghadirkan dimensi baru dalam skuat Liverpool.

Murah, serbabisa, bisa dimainkan di fase knockout Liga Champions, klop dengan Klopp, dan tentu saja faktor marketing Asia, khususnya Jepang, menjadi alasan Liverpool harus merekrut Minamino.

Liverpool Bursa transfer Takumi Minamino
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.106

Bagikan