BolaSkor.com - Tim nasional Italia mencatatkan poin sempurna pada fase grup Piala Eropa 2020 usai meraih tiga kemenangan. Dalam rentetan positif tersebut, terselip fakta sejumlah pemain AC Milan yang tampil mengilap.

Timnas Italia pada edisi kali ini disebut-sebut memiliki kedalaman skuad yang sangat baik. Hal itu terbukti setelah tetap menang melawan Wales meskipun Roberto Mancini melakukan rotasi.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa Hari Ini: Makedonia Utara Vs Belanda Live RCTI

Hasil dan Klasemen Akhir Grup A Piala Eropa 2020: Italia Sempurna

Joachim Low Sindir Italia, Belanda, dan Belgia di Piala Eropa 2020

Menariknya, dari materi pemain Gli Azzurri pada Piala Eropa 2020, ada sejumlah mantan pemain AC Milan yang bersinar. Sayangnya, Rossoneri hanya mendapatkan tak lebih dari 16 juta euro dari hasil menjual pemain-pemain tersebut.

Jadi, siapa saja bintang tim nasional Italia yang jadi bukti AC Milan tak becus di bursa transfer? Berikut tiga pemainnya:

Gianluigi Donnarumma (Gratis)

Gianluigi Donnarumma

Pemain pertama tentu saja adalah Gianluigi Donnarumma. Sang kiper dipastikan akan angkat kaki pada musim panas ini setelah kontraknya berakhir. Donnarumma pergi dengan status bebas transfer.

AC Milan tidak mampu memenangi pertempuran di meja negosiasi. Menghadapi Mino Raiola yang menjadi agen Donnarumma, Rossoneri akhirnya mengibarkan bendera putih karena tak sanggup memenuhi permintaan gaji sang pemain.

Akhirnya, pemain yang sudah dibesarkan sejak tim akademi itu pun pergi secara cuma-cuma. Menurut kabar yang berkembang di Italia, Donnarumma akan bergabung bersama raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain.

Kehilangan Donnarumma tentunya menjadi pukulan telak bagi Milan. Sang kiper membuktikan sudah matang di usianya yang masih muda setelah menorehkan clean sheet dari tiga pertandingan Italia. Mike Maignan pun yang diboyong sebagai pengganti punya tugas berat menambal lubang yang ditinggalkan Donnarumma.

Manuel Locatelli (14 juta euro)

Manuel Locatelli

Manuel Locatelli menjalankan perannya dengan baik di lini tengah Italia. Kendati awalnya hanya menjadi pengganti Marco Verratti yang mengalami cedera, tetapi Locatelli menjadi poros permainan Italia.

Setelah mendapatkan banyak pujian pada laga kontra Turki, Locatelli semakin bertaji ketika bersua Swiss. Gelandang 23 tahun itu mengemas dua gol.

Penampilan impresif Locatelli membuat keputusan Milan menjual sang gelandang ke Sassuolo pada musim panas 2019 kembali dipertanyakan. Ketika itu, Milan hanya mendapatkan 14 juta euro.

Pada saat itu, Milan ogah memberikan kesempatan lagi untuk Locatelli. Il Diavolo Rosso lebih memilih mengutamakan gelandang berpengalaman seperti Riccardo Montolivo, Lucas Biglia, dan Giacomo Bonaventura.

Matteo Pessina (1,78 juta euro)

Matteo Pessina

Kesalahan Milan di bursa transfer semakin kentara usai Matteo Pessina tampil gemilang pada laga kontra Swiss. Milan hanya mendapatkan 1,78 juta euro ketika menjual Pessina ke Atalanta.

Matteo Pessina adalah pencetak gol semata wayang Italia ke gawang Wales. Pemain 24 tahun itu menyambut tendangan bebas Verratti.

Roberto Mancini memanggil Matteo Pessina setelah tampil konsisten bersama Atalanta pada musim 2020-2021. Ia bermain pada 40 laga di berbagai ajang dengan torehan empat gol plus dua assist.

Menariknya, bila dirunut lebih jauh, Matteo Pessina juga merupakan mantan pemain AC Milan. Ia bersatus penggawa Milan dari 2015 hingga 2017.

Selama periode itu, Pessina lebih banyak dipinjamkan. Bahkan, ia belum pernah mencatatkan penampilan bersama Milan.

Kini, Matteo Pessina membuktikan diri jika AC Milan keliru menjualnya. Sang gelandang siap menjadi tumpuan Italia di masa depan.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini