3 Dampak Besar yang akan Terjadi jika Newcastle United Diakuisisi PCP Partners

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 18 April 2020
3 Dampak Besar yang akan Terjadi jika Newcastle United Diakuisisi PCP Partners
Newcastle United (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar positif untuk fans Newcastle United datang di tengah pandemi virus corona. Kabarnya klub akan segera berganti kepemilikan dari Mike Ashley ke PCP Capital Partners yang disokong dukungan finansial dari Arab Saudi.

PCP disinyalir sudah memberikan dokumen untuk mengambil alih Newcastle kepada Premier League. PCP adalah konsorsium yang dipimpin oleh Amanda Staveley dan didukung langsung oleh Arab Saudi melalui Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Salman.

Jika pengambilalihan itu disetujuji maka PCP akan memegang 80 persen saham Newcastle, Staveley 10 persen, dan sisa 10 persen dimiliki David dan Simon Reuben, dua bersaudara yang notabene miliarder.

Baca Juga:

Adu Kaya Pemilik Manchester City Kontra Calon Induk Semang Newcastle United

Selangkah Lagi Newcastle United Akan Ganti Pemilik

Amanda Staveley, Pembuka Gerbang Premier League untuk Para Taipan Timur Tengah

Tak hanya akan mengakhiri masa kepemimpinan Mike Ashley selama 13 tahun, Newcastle akan merasakan dampak besar dari perubahan pemilik klub tersebut. Apalagi dengan sokongan dana kuat dari PCP Capital Partners.

Berikut BolaSkor.com merangkum dari berbagai sumber dan memprediksi dampak-dampak yang akan terjadi pada Newcastle di era konsorsium Timur Tengah.

1. Manajer Top Datang

Massimiliano Allegri

Terlepas dari Kevin Keegan yang melatih Newcastle di periode pertamanya, manajer-manajer yang membesut klub selama 10 tahun terakhir ada pada kategori manajer klub papan tengah seperti: Nigel Pearson, Sam Allardyce, Alan Pardew, Steve McClaren, dan kini dengan Steve Bruce.

Praktis hanya Kevin Keegan dan Rafael Benitez yang masuk kategori manajer top di Inggris. Kabarnya, PCP sudah memasang target menunjuk Massimiliano Allegri sebagai manajer tim untuk musim depan.

Jika itu terjadi jelas Newcastle mendapatkan pelatih top Eropa. Allegri sudah memenangi enam Scudetto akumulasi dengan AC Milan dan Juventus, lima tahun kariernya di Juventus juga dihiasi trofi lain seperti Coppa Italia (empat kali) dan dua Piala Super Italia.

Allegri terkenal dengan kemampuannya memaksimalkan pemain dengan skuat yang dimilikinya, plus wawasan taktik yang luas. Premier League akan menjadi tantangan baru baginya.

Jika bukan Allegri masih banyak pelatih top Eropa lainnya seperti Mauricio Pochettino, Ernesto Valverde, Ralf Rangnick, Laurent Blanc, dan lainnya.

2. Magnet Bintang-bintang Eropa

Antoine Griezmann

Aturan FFP (Financial Fair Play) tetap diberlakukan oleh UEFA, tapi apakah hal tersebut berlaku untuk klub-klub dengan kekuatan finansial yang kuat? Tidak juga. Para klub yang kuat secara finansial masih dapat merekrut pemain-pemain top, tetapi dengan taktik yang matang agar terhindar dari FFP.

Uang tidak akan menjadi masalah jika PCP Partners sudah resmi memiliki Newcastle. Uang dimiliki pemain-pemain bintang Eropa bisa didatangkang ke Saint James Park.

Antoine Griezmann, Nabil Fekir, Alvaro Morata, Sami Khedira, merupakan beberapa nama yang dapat direkrut Newcastle. Dua nama terakhir merupakan eks anak asuh Allegri di Juventus.

Menurut Chroniclelive sejumlah nama lain yang dikaitkan dengan Newcastle era konsorsium Timur Tengah adalah: Rafa Silva, Dwight McNeil, Hakan Calhanoglu, Moussa Dembele, Olivier Giroud, dan Gabriel Barbosa.

3. Tapaki Jejak PSG dan Manchester City

Newcastle United

Apabila dua poin di atas menjadi kenyataan maka Newcastle bisa kembali berbicara banyak di papan atas persaingan Inggris dan bermain di Eropa.

Kendati demikian fans harus bersabar karena 'Roma tidak dibangun dalam sehari'. Butuh waktu untuk mencapai konsistensi di level tinggi seperti PSG (Paris Saint-Germain) dan Manchester City yang juga dimiliki pemilik kaya raya dari Timur Tengah.

"Itu (Newcastle bersaing di level tinggi) akan memakan waktu, Anda dapat memiliki semua uang di dunia, Anda harus menghabiskan uang itu dengan benar dan tepat," kata Tony Cottee, eks pemain West Ham kepada Sky Sports.

"Di situlah para penggemar Newcastle harus sedikit bersabar.Ya (mereka) bersemangat, kesempatan yang luar biasa bagi klub sepak bola, tetapi itu akan membutuhkan waktu dan sedikit kesabaran dari penggemar, biarkan klub mencapai level berikutnya."

"Tapi (posisi) enam teratas dengan mudah seharusnya ada di radar untuk mereka. Orang-orang yang antusias, mereka akan menginginkan sepak bola Liga Champions, tidak diragukan lagi," pungkas Cottee.

Semakin sulit saja memprediksi peta persaingan di papan atas Premier League jika Newcastle resmi ditangani PCP Partners. Persaingan di sana juga dimiliki Liverpool, Man City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester United, dan tim-tim kejutan lainnya.

Breaking News Newcastle United Premier League Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan