BolaSkor.com - Virus Corona mulai menyerang Premier League. Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odoi adalah dua penggawa Premier League yang dipastikan telah terinfeksi COVID-19 tersebut.

Premier League dikabarkan akan menggelar rapat darurat untuk mengambil langkah soal kelanjutan kompetisi. Sejumlah kabar yang berkembang menyatakan akan ada penangguhan kompetisi hingga beberapa waktu.

Baca juga:

Virus Corona Kembali Serang Premier League, Callum Hudson-Odoi Positif Terinfeksi

Manajer Arsenal, Mikel Arteta Positif Terinfeksi Virus Corona

Mikel Arteta

Selain berdampak pada sisi kesehatan para pemain, virus corona juga bisa menyebabkan klub tak mendapatkan pemasukan seperti biasanya. Situasi tersebut dapat menjadi bola salju jika periode penangguhan akan memakan waktu yang lama.

Berikut ini adalah 3 dampak virus corona dari sisi finansial di Premier League:

Tak Ada Pemasukan dari Pertandingan

Premier League

Penjualan tiket, keanggotaan, dan servis adalah beberapa di antara sumber pendapatan sebuah klub. Jumlahnya bisa mencapai 4 persen hingga 18,75 persen dari total omset per tahun.

Sementara itu, untuk pendapatan pada hari pertandingan klub-klub kecil seperti Bournemouth kira-kira sama dengan satu di antara gaji mingguan pemain berpenghasilan tertinggi mereka. Adapun, klub besar seperti Manchester United meraup pundi-pundi hingga 4 juta pounds per pertandingan.

Angka-angka itu memang terlihat kecil dibandingkan pendapatan yang dihasilkan dari iklan, sponsor, branding, dan kontrak profesional. Namun, ketika penangguhan berlangsung selama satu bulan atau lebih, akan ada masalah finansial yang muncul.