BolaSkor.com - Pebulu tangkis asal China, Lin Dan, mengumumkan pensiun pada Sabtu (4/7). Berbagai prestasi di dunia bulu tangkis membuat pemain berjuluk Super Dan itu sebagai pebulu tangkis terbaik sepanjang masa.

Pada usia 36 tahun, Lin Dan sejatinya masih menunjukkan sisi kompetitifnya. Bahkan sebelum Olimpiade 2020 ditunda, dia masih ingin berpartisipasi pada ajang tersebut.

Berkarier di dunia bulu tangkis sejak 2000, Lin Dan terkenal sebagai force of nature dalam urusan tepok bulu. Baik dari segi teknik, fisik, bahkan mentalnya tidak ada dua.

Baca Juga:

Lee Chong Wei Tulis Puisi Perpisahan untuk Lin Dan

Lin Dan Pensiun, Ini Deretan Prestasinya

Lin Dan

Berbagai gelar bergengsi pernah dimenangi oleh Lin Dan. Sebut saja dua medali emas Olimpiade, lima kejuaraan dunia serta enam kali memenangi All England. Praktis hanya Indonesia Open saja yang luput dari genggamannya.

Secara keseluruhan, terdapat 666 kemenangan yang ditorehkan oleh Lin Dan selama kariernya. Selain itu, total gelar yang dia raih adalah 66 gelar.

Selama berkarier di dunia bulu tangkis, Lin Dan memiliki rival berat asal Malaysia, Lee Chong Wei. Keduanya menguasai dunia bulu tangkis tunggal putra selama lebih kurang satu dekade.

Sepanjang kariernya, tentu banyak pertandingan yang sudah dilalui oleh Lin Dan. Menghormati karier Super Dan, BolaSkor.com memilih tiga duel paling bersejarah versi kami. Berikut ini adalah daftarnya:

Final All England 2004

Lin Dan 2004

Lin Dan menyamai catatan Rudy Hartono 10 kali masuk final All England. Namun, dia hanya memenangi enam di antaranya sementara Rudy meraih delapan.

Kali pertama Lin Dan memenangi All England adalah pada 2004. Ini merupakan keikutsertaannya yang ketiga pada ajang tersebut dengan hasil semifinal (2002) dan babak pertama (2003).

Dalam perjalannya, Lin Dan melewati dua pebulu tangkis Indonesia, Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro. Simon pada babak pertama, sementara Sony di perempat final.

Di final, Lin Dan berhadapan dengan Peter Gade yang menyingkirkan Taufik Hidayat. Kalah 9-15 pada gim pertama, akhirnya Super Dan menang 15-5, 15-8 dan meraih All England pertamanya.