3 Fakta Menarik Jordi Amat, Pemain yang Bermimpi Bela Timnas Indonesia

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 November 2021
3 Fakta Menarik Jordi Amat, Pemain yang Bermimpi Bela Timnas Indonesia
Jordi Amat (Twitter)

BolaSkor.com - Naturalisasi pemain bukan hal baru dalam dunia sepak bola. Indonesia pun pernah menerapkannya kepada pemain-pemain keturunan atau berkualifikasi untuk membela Tim Merah Putih.

Setelah Marc Klok, Otavio Dutra, Ilija Spasojevic, Ezra Walian, Stefano Lilipaly, dan pemain-pemain lainnya yang dinaturalisasi Indonesia, kini ada satu nama lagi yang menjadi perbincangan. Dia adalah Jordi Amat.

Kepada AS, Jordi Amat mengakui punya mimpi membela Timnas Indonesia dan ia memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Makasar.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Klaim Egy dan Witan Diizinkan Klubnya Tampil di Piala AFF 2020

Shin Tae-yong Pasang Target Juara di Piala AFF 2020

Elkan Baggott Resmi Punya KTP Indonesia

Jordi Amat dengan Eupen

"Nenek saya, yang telah banyak mendukung saya selama karier saya sebagai pesepak bola lahir di Makasar," tutur Jordi Amat dikutip dari AS.

“Saya akan menyukainya karena saya tahu itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Membela Indonesia, negara dengan 275 juta orang, akan brutal. Tapi saya tidak tahu apa langkah selanjutnya. Saya menunggu untuk melihat bagaimana peristiwa itu terungkap. Saya tidak tahu apakah niat saya itu sudah sampai ke telinga Federasi."

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru mengetahui fakta bahwa Jordi Amat ingin membela Indonesia, tetapi menaturalisasi pemain tidaklah mudah dan PSSI tidak sembarangan melakukannya.

Meski belum ada kepastian apakah Jordi Amat dapat membela Timnas Indonesia, BolaSkor.com akan memberikan tiga fakta menarik mengenai Jordi Amat. Apa saja?

1. Karier di Eropa

Jordi Amat di Swansea City

Dibanding nama-nama naturalisasi Indonesia lainnya, Jordi Amat sedianya punya latar belakang yang cukup mumpuni di Eropa (meski ia tak dinaturalisasi). Kariernya di Eropa tak bergelimang trofi tapi stabil.

Produk akademi Espanyol pernah menjalani karier di Espanyol, Rayo Vallecano, Swansea City, Real Betis, dan kini menjadi kapten di Eupen pada usia 29 tahun. Untuk kategori bek, Amat bek yang konsisten dalam permainannya.

2. Posisi Bermain

Jordi Amat berposisi sebagai bek tengah dan dapat dimainkan sebagai full-back jika dibutuhkan. Kelebihannya ada pada kedisiplinan serta kemampuan membaca permain. Pada usia 29 tahun Amat punya pengalaman bermain.

Pengalaman pemain yang pernah membela timnas Spanyol usia muda dari U-16 hingga U-21 akan sangat menguntungkan pertahanan tim.

"Saya telah bermain di level profesional di Eropa selama 12 tahun dan saya ingin membawa pengalaman itu ke Asia," ucap Jordi Amat.

3. Juara Tiga Piala Dunia Usia Muda

Dikulik dari Transfermarkt Jordi Amat sudah membela timnas U-19 Spanyol sebanyak tujuh kali, lima kali dengan U-20, dan 15 kali bersama U-21. Pada 2009 Jordi Amat juga bermain di ajang Piala Dunia U-17.

Di bawah arahan Gines Melendez Spanyol yang berisikan pemain seperti Amat, Marc Muniesa, Koke, Pablo Sarabia, Iker Muniain, dan Alvaro Morata menembus semifinal dan kalah 1-3 dari Nigeria. Spanyol mengobatinya dengan juara tiga dengan mengalahkan Kolombia (1-0).

Breaking News Sosok Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Swansea City Jordi Amat
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan