BolaSkor.com - Nama pembalap berdarah Inggris-Thailand: Alexander Albon mendadak jadi buah bibir. Bagaimana tidak, meski berstatus pembalap rookie di Formula 1 (F1) 2019, ia sudah dipercaya gabung tim papan atas Red Bull Racing.

Albon bahkan tidak perlu menunggu sampai tahun depan untuk mengendarai mobil Red Bull. Pada lomba putaran 13 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, akhir bulan ini, ia bakal menjalani lomba debut sebagai pembalap Red Bull.

Albon bertukar kursi dengan Pierre Gasly yang mulai GP Belgia akan kembali memperkuat Scuderia Toro Rosso. BolaSkor.com sudah mengumpulkan tiga fakta menarik mengenai sosok Albon.

Baca Juga:

Alexander Albon, Pembalap F1 Keturunan Thailand Gabung Red Bull

Bos F1 Dukung Max Verstappen Kalahkan Valtteri Bottas untuk Jadi Runner-up F1 2019

1. Dari Mana Darah Thailand di Dalam Diri Albon?

Sang ayah, Nigel Albon merupakan pembalap asal Inggris, yang tidak pernah mencapai kasta tertinggi: F1. Nigel menikahi wanita asal Thailand. Dari sang ibulah, darah Asia Tenggara seorang Albon berasal,

Namun meskipun begitu, Albon tidak lahir di Thailand. Dia dilahirkan di London, Inggris, 23 Maret 1996. Dia bahkan bersekolah di Ipswich School, Ipswich, Suffolk. Meskipun begitu, ia penganut agama Budha, agama mayoritas di negara asal sang ibu.

2. Satu Angkatan dengan Max Verstappen dan Charles Leclerc

Dilihat dari segi umur dan awal karier sebelum mentas pada ajang balap jet darat, Albon satu angkatan dengan pembalap muda F1 lainnya: Max Verstappen dan Charles Leclerc. Dua nama ini bahkan lebih muda dua tahun dari Albon (23 tahun).

Albon Naik Podium Pertama, Verstappen Kedua Saat Balapan Karting Tahun 2010
Albon Naik Podium Pertama, Verstappen Kedua Saat Balapan Karting Tahun 2010 (Twitter/Red Bull)

Hanya saja Verstappen dan Leclerc terlebih dahulu memulai karier di F1 ketimbang dirinya. Meskipun begitu, pada level karting, Albon tercatat pernah mengalahkan Verstappen dan Leclerc. Menariknya kini, ia akan menjadi rekan setim, Verstappen di Red Bull Racing mulai GP Belgia 2019.

3. Idola: Valentino Rossi

Albon memang seorang pembalap formula. Namun sosok pembalap yang ia kagumi justru datang dari MotoGP, Valentino Rossi. Ya, bahkan bisa dibilang Albon begitu tergila-gila terhadap sosok pembalap asal Italia itu.

Saat masih berkarier di karting, Albon sampai menggunakan nomor mobil 46, yang notabene nomor motor Rossi di MotoGP. Tidak hanya sampai di situ, ia sampai menamakan kedua anjingnya: Valentino dan Rossi.*