3 Hal Unik Pemain Timnas Indonesia ketika di Ruang Ganti

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 24 Desember 2020
3 Hal Unik Pemain Timnas Indonesia ketika di Ruang Ganti
Amiruddin Bagas Kaffa (PSSI)

BolaSkor.com - Ruang ganti selalu jadi tempat sakral bagi para pemain sepak bola sebelum bertanding di atas lapangan. Setiap pemain memiliki tersendiri ketika berada di tempat tersebut, tak terkecuali para pemain Timnas Indonesia.

Biasanya banyak sekali hal yang dilakukan para pemain di dalam ruang ganti. Mereka melakukan hal tersebut agar ketika bertanding lebih rileks dan bisa mendengarkan instruksi pelatih dengan baik ketika berada di dalam lapangan.

BolaSkor.com melihat ada tiga pemain Timnas Indonesia yang memiliki tiga kebiasaan yang berbeda ketika berada di ruang ganti, berikut penjelasan singkatnya:

1. Mendengarkan Musik

Bek sayap Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagas Kaffa memiliki ritual tersendiri ketika berada di ruang ganti. Salah satu hal yang sering ia lakukan adalah mendengarkan musik favoritnya agar ketika bertanding dirinya tidak merasa tegang.

"Ketika di ruang ganti, sembari menunggu persiapan masuk ke lapangan dan mendengarkan instruksi dari pelatih, saya biasanya saya mendengarkan lagu. Hal ini saya lakukan agar tubuh tidak tegang dan semakin siap ketika bertanding," kata Bagas Kaffa.

Amiruddin Bagas Kaffa, (PSSI)



2. Berdoa

Berbeda dengan Bagas Kaffa, bek sayap Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam ternyata memiliki dua ritual ketika berada di ruang ganti. Pemain PSM Makassar ini ternyata lebih religius dengan berdzikir dan membaca ayat kursi.

"Sebelum bertanding dan di dalam ruang ganti, saya selalu mengkhusyukan diri dengan berdzikir dan membaca ayat kursi. Selain itu, biasanya saya minum kopi, agar nyaman ketika bertanding di atas lapangan," ujar Asnawi Mangkualam.

Asnawi Mangkualam. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)



3. Menelpon Orang Tua

Selain dua pemain tersebut, pemain sayap Timnas Indonesia U-19, Andi Irfan mengaku selama di ruang ganti, ia selalu menyempatkan waktu untuk menelpon orang tua. Selain itu, yang paling mengejutkan adalah ia selalu membaca Al-qur'an sebelum bertanding.

"Ketika di ruang ganti, biasanya saya akan meluangkan waktu untuk membaca Al-qur'an, terkhusus surah Al-Waqi'ah. Selain itu saja juga akan menelpon orang tua untuk meminta restu agar pertandingan bisa berjalan lancar," tutur Andi Irfan.

Andi Irfan. (PSSI)

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-23 Timnas indonesia u-20 Amiruddin Bagas Kaffa Asnawi Mangkualam Breaking News
Posts

4.871

Bagikan