BolaSkor.com - Persija Jakarta dikenal sebagai tim yang melahirkan pemain-pemain berkualitas baik itu binaan dari tim sendiri maupun pemain yang datang untuk membela tim Ibu Kota tersebut. Selepas bermain bersama Persija banyak pemain yang memilih untuk menjadi pelatih.

Sampai dengan saat ini banyak sekali jebolan Persija yang kini sudah menjadi pelatih mulai dari tim Liga 1, Liga 2, sampai dengan Elite Pro Academy (EPA) . Bahkan ada beberapa yang sudah memiliki prestasi yang luar biasa ketika menangani sebuah tim.

BolaSkor.com melihat ada tiga jebolan Macan Kamayoran yang menjadi pelatih Liga 1, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru ditunjuk sebagai pelatih, berikut penjelasannya:

Baca Juga :

Lanjutan Liga 1 Ditunda, Marko Simic Pulang Sejenak ke Kroasia

Proses Naturalisasi Disetujui Pemerintah, PSSI Proyeksikan Marc Klok untuk Timnas Indonesia

1. Rahmad Darmawan

Siapa yang tidak mengenal Rahmad Darmawan sebagai seroang pelatih. Prestasinya dibilang sangat luar biasa, ia sudah memberikan dua gelar juara Liga Indonesia untuk dua tim yang berbeda yaitu Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. Bahkan ketika menangani Sriwijaya ia juga berhasil maraih tiga gelar Copa Indonesia.

Seperti diketahui, Persija merupakan klub terlama yang pernah dibela pelatih asal Metro, Lampung itu. Musim pertamanya di klub ibu kota dilakoni pada 1986. Berkat penampilan cemerlangnya, Rahmad Darmawan sempat memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini Rahmad Darmawan tercatat sebagai pelatih Madura United pada gelaran Liga 1 2020 ini. Sudah banyak klub yang sudah Rahmad Darmawan latih, bahkan ia juga pernah melatih Timnas Indonesia U-23 saat gelaran SEA Games 2011 dan 2013 lalu.

Rahmad Darmawan. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

2. Widodo Cahyono Putro

Widodo dikenal sebagai pelatih bertangan dingin yang mampu memoles timnya untuk bisa menjadi tim yang luar biasa. Hal ini ia perlihatkan ketika menangani Bali United dan Persita Tangerang yang ketika itu bermain di Liga 2. Dengan keuletannya Persita bisa promosi ke Liga 1 2020.

Ketika bermain, Persija memang tak bisa lepas dari pemain yang akrab dengan nomor punggung tujuh ini. Widodo menjadi andalan Macan Kemayoran pada periode 1996-2001, termasuk saat Persija meraih juara Liga Indonesia ke-10 pada musim terakhirnya di Jakarta.

Tidak hanya itu saja, ketika bermain di Persija pada tahun 2001 Widodo memiliki peran penting untuk tiga penyerang muda Persija saat ini, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, dan Gendut Doni. Ia menjadi mentor untuk ketiganya.

Widodo Cahyono Putro (BolaSkor.com/Johan Kristiandi)

3. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono yang kini melatih Persik Kediri. Sama seperti Widodo, Budi adalah bagian tim saat Persija meraih gelar juara pada 2001. Sang Ular Pyton ini memang menjadi sosok penting di lini serang Persija saat meraih gelar juara ke-10.

Karier kepelatihan Budi memang baru seumur jagung untuk berlaga di Liga 1. Namun timnya saat ini berharap Budi bisa memberikan pengalaannya untuk para pemain muda yang ada di Persik saat ini.

Sebenarnya selain tiga pelatih kepala tersebut, juga ada enam asisten pelatih yang pernah memperkuat Persija dan kini sedang merintis karier sebagai asisten pelatih. Keenam pemain yang dimaksud itu adalah Budiman, Charis Yulianto, Francis Wewengkang, Imran Nahumarury, Eko Purdjianto, dan Antonio "Toyo" Claudio.

Budi Sudarsono. (Media Persija)