BolaSkor.com - Sehebat-hebatnya seorang pemain akan tiba saatnya di kala ia memasuki penghujung karier dan lambat laun pensiun. Situasi itu kini terjadi kepada gelandang berusia 33 tahun Barcelona, Sergio Busquets.

Xavi, pelatih Barcelona dan juga mantan rekan setim Busquets, sadar kelak atau lambat tim harus move on tanpa Busquets. Itu seolah menjadi pertanda untuk Barcelona mulai mencari pengganti pemain Spanyol tersebut.

“Busquets tidak abadi,” kata Xavi. “Itu harus kami perhitungkan untuk masa depan. Tidak ada profil seperti Sergio Busquets di tim. Kami harus menemukan satu (pemain seperti Busquets)."

"Sangat penting bahwa perencanaan pergi ke sana. Barcelona harus memiliki dua pemain untuk setiap posisi. Kami tidak memiliki dua pemain di satu posisi dan itu penting," tambahnya membicarakan kedalaman skuad.

Baca Juga:

Xavi Pastikan Barcelona Tetap Berpegang Teguh pada Tiki-Taka

Kepepet, Barcelona Pilih Pertahankan Memphis Depay

Barcelona Malu-Malu dalam Perburuan Robert Lewandowski

Busquets adalah produk La Masia yang bermain dalam peran gelandang bertahan. Dia salah satu pivot (gelandang jangkar) top Eropa yang dapat menjadi contoh pemain lain di posisi tersebut.

Busquets melapis lini belakang dengan kemampuannya membaca permainan, mengatur ritme bermain, dan visi sepak bola yang bagus. Sejak promosi ke tim utama Barca pada 2008 Busquets telah memenangi delapan titel LaLiga, tiga Liga Champions, dan tujuh Copa del Rey.

Melansir dari Sport-English ada tiga gelandang yang berpotensi menggantikan Busquets. Siapa saja?

1. Martin Zubimendi - Real Sociedad

Pemain berteknik dengan kemampuan bertahan tapi juga kualitas ketika mengontrol bola, mengatur ritme bermain. Kontrak Martin Zubimendi berakhir pada 2025 dengan Sociedad dan ia punya klausul pembelian 60 juta euro.

Xavi dikabarkan menyukai gaya bermain Zubimendi yang baru berusia 23 tahun, tetapi sudah jadi pemain utama Sociedad di bawah arahan Imanol Alguacil. Zubimendi promosi pada 2019 dan terus berkembang hingga dipanggil ke timnas Spanyol.

2. Aurelien Tchouameni - AS Monaco

Untuk pemain berusia 22 tahun ini Barcelona tidak sendiri memburunya. Klub-klub Eropa mengantre dari Real Madrid, PSG, Liverpool, hingga Manchester United. Kontrak Aurelien Tchouameni bertahan hingga 2024 dengan AS Monaco.

Banderolnya juga ada pada kisaran 60 juta euro. Tchouameni pemain dengan kualitas teknik dan prospek masa depan cerah. Selain finansial, Barcelona juga harus bersaing dengan klub lain untuk merekrutnya.

3. Ruben Neves - Wolverhampton Wanderers

Mantan kapten termuda FC Porto. Ruben Neves (25 tahun) bermain di Wolverhampton Wanderes dan sudah matang pengalaman, baik itu di level klub atau juga internasional dengan timnas Portugal.

Neves juga memiliki kualitas teknik dengan perpaduan gelandang modern: kuat kala bertahan dan dapat melakukan penetrasi. Neves bahkan memiliki kelebihan dalam melepaskan tendangan jarak jauh.

Memiliki agen Jorge Mendes yang berhubungan baik dengan Presiden Barcelona, Joan Laporta, Neves berpotensi direkrut Barcelona dengan harga yang relatif murah.