BolaSkor.com - Juventus masih mencari kemenangan pertamanya pada ajang Serie A 2021-2022. Target tersebut akan coba diwujudkan saat Bianconeri bertandang ke markas Napoli, akhir pekan ini.

Juventus memang gagal melakukan start gemilang pada awal musim ini. Dari dua laga yang sudah dimainkan, tim asuhan Massimiliano Allegri baru mengemas satu poin.

Juventus bermain imbang 2-2 di markas Udinese pada laga pembuka. Ketika itu, gol kemenangan Cristiano Ronaldo pada masa injury time dianulir wasit.

Baca Juga:

Kepergian Cristiano Ronaldo Bikin Susah Juventus

Danilo Akui Juventus Bukan Favorit Juara Liga Champions

Tanpa Ronaldo, Allegri Siapkan Dua Taktik Anyar untuk Juventus

Hasil lebih buruk diraih Juventus sepekan kemudian. Menjamu Empoli yang berstatus tim promosi, Si Nyonya Tua justru tumbang dengan skor tipis 0-1.

Dua hasil minor itu membuat Juventus terpaku di peringkat ke-12. Mereka tertinggal dari para rivalnya yang langsung tancap gas sejak awal.

Asa Juventus untuk mengakhiri paceklik kemenangan tidak akan mudah terwujud. Napoli tentu memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang Udinese dan Empoli.

Napoli yang kini dilatih Luciano Spalletti menyapu bersih dua laga perdana dengan kemenangan. Il Partenopei tentu ingin melanjutkan tren positif tersebut saat menjamu Juventus.

Rivalitas Napoli dan Juventus memang tidak sepanas seperti di era 80 sampai 90-an. Namun duel kedua tim nyaris selalu berlangsung sengit.

Menariknya, Juventus juga kerap kesulitan saat bertandang ke markas Napoli dalam satu dekade terakhir. Padahal tim asal Turin itu mendominasi Serie A.

Dalam periode tersebut, Juventus tercatat hanya mampu mengemas tiga kemenangan dalam lawatannya ke markas Napoli. Berikut rangkuman hasil positif tersebut:

1. Napoli 1-3 Juventus (pekan ke-18 Serie A 2014-2015)

Paul Pogba membuka keunggulan Juventus lewat gol spektakuler.

Kemenangan perdana Juventus atas Napoli sejak sang rival promosi kembali ke Serie A terjadi pada musim 2014-2015. Saat itu, Andrea Pirlo dan kawan-kawan menutup laga pekan ke-18 dengan skor 3-1.

Meski begitu kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Napoli yang mendapat dukungan penuh suporter memberikan perlawanan sengit.

Gol spektakuler Paul Pogba pada menit ke-29 membungkam publik tuan rumah. Ia melepaskan tembakan voli yang melesat mulus ke gawang Napoli.

Tuan rumah kemudian menyamakan kedudukan pada babak kedua tepatnya menit ke-64. Miguel Britos menaklukkan Gianluigi Buffon lewat sepakan kaki kiri.

Namun Juventus hanya butuh lima menit untuk mengembalikan keunggulannya. Martin Caceres mencatatkan namanya di papan skor lewat sontekan memanfaatkan umpan tendangan bebas Pirlo.

Di sisa laga, Napoli berusaha keras menyamakan kedudukan. Namun perjuangan tim asuhan Rafael Benitez terhenti usai Arturo Vidal mencetak gol ketiga Juventus pada masa injury time.

Itu merupakan kemenangan pertama Juventus di kandang Napoli sejak tahun 2000. Uniknya, itu merupakan musim debut Massimiliano Allegri menangani tim zebra.



2. Napoli 0-1 Juventus (pekan ke-15 Serie A 2017-2018)

Gonzalo Higuain melakukan selebrasi kontroversial usai mencetak gol.

Duel tak kalah dramatis terjadi tiga musim berselang. Juventus kembali mampu mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Napoli pada pekan ke-15 Serie A 2017-2018.

Pertandingan ini juga berlangsung sengit dan menarik. Kedua tim sama-sama menurunkan kekuatan penuh untuk meraih kemenangan.

Namun Juventus melakukan start gemilang dengan mencuri gol saat laga baru berjalan 13 menit. Gonzalo Higuain yang berstatus mantan pemain Napoli membobol gawang Pepe Reina dari jarak dekat.

Menariknya, Higuain melakukan selebrasi yang cukup provokatif. Ia memanfaatkan momen tersebut untuk mengejek presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis.

Usai tertinggal, Napoli mendominasi jalannya laga. Sejumlah peluang emas diciptakan tim yang kini ditangani Maurizio Sarri.

Sayang, ketangguhan Gianluigi Buffon di bawah mistar gawang Juventus membuat papan skor tak berubah hingga laga usai. Juventus menang 1-0 di kandang Napoli.



3. Napoli 1-2 Juventus (pekan ke-26 Serie A 2018-2019)

Emre Can mencetak gol kedua Juventus lewat sundulan.

Kemenangan terakhir Juventus di kandang Napoli terjadi pada pekan ke-26 Serie A 2018-2019. Duel ini bahkan menjadi salah satu yang paling dramatis dari bentrok kedua tim.

Napoli seolah mendapat mimpi buruk setelah sang kiper, Alex Meret, dikartu merah langsung pada menit ke-25. Ia melanggar Cristiano Ronaldo di luar kotak penalti.

Juventus kemudian mampu memanfaatkan hadiah tendangan bebas dari insiden itu dengan maksimal. Miralem Pjanic melepaskan tembakan ke pojok gawang tanpa bisa diantisipasi David Ospina yang baru masuk.

Napoli kian berada di bawah tekanan saat Juventus mampu menggandakan keunggulan melalui sundulan Emre Can pada menit ke-39. Skor 0-2 untuk tim tamu bertahan hingga jeda.

Drama menegangkan tersaji di babak kedua. Napoli mendapat angin untuk bangkit setelah Pjanic menerima kartu kuning kedua pada menit ke-47.

Dengan jumlah pemain yang sama, Napoli mampu memperkecil kedudukan melalui sontekan Jose Callejon pada menit ke-61'. Gol tersebut secara otomatis membakar semangat para pemain tuan rumah.

Asa Napoli untuk menyamakan kedudukan nyaris terwujud pada menit ke-84. Wasit memberikan hadiah penalti setelah seorang pemain Juventus tertangkap kamera VAR melakukan handball di kotak terlarang.

Sayang kesempatan emas itu gagal dimanfaatkan Lorenzo Insigne yang maju sebagai algojo. Tembakannya hanya membentur tiang sehingga Napoli gagal menyamakan kedudukan.

Skor 1-2 untuk kemenangan Juventus bertahan hingga laga usai. Hasil ini turut membantu mereka untuk mengamankan Scudetto di akhir musim.