BolaSkor.com - Ketua Umum ISSI (Ikatan Sports Sepeda Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengatakan telah mengadakan kerja sama dengan tiga kementerian. Tujuannya adalah menggelar rangkaian balap sepeda.

Ketiga kementerian tersebut adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian BUMN, serta Kementerian Pariwisata. Mereka berniat menghidupkan kembali kegiatan balap sepeda di Indonesia.

ISSI bersama ketiga kementerian tersebut berencana menggelar ajang balap sepeda pada 2021, ketika pandemi virus corona berakhir. Apalagi dua balap sepeda top, Tour de Franch dan Giro d'Italia, sudah berlangsung di tengah pandemi.

Baca Juga:

Banyak Kejanggalan, Munaslub PB ISSI Dinilai Hanya Dagelan

KONI Berharap Kegiatan Olahraga Berlangsung di Luar Zona Merah

Menurut Okto, dirinya sudah berkomunikasi dengan ketiga kementerian tersebut. Bahkan, Menteri BUMN, Erick Thohir, disebut akan mengalokasikan anggaran melalui anak perusahaannya.

"Saya sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tiga Kementerian itu dan mereka mau mensuport banyak kegiatan olahraga," ujar Okto pada Rabu (21/10).

"Salah satunya PB ISSI untuk menghidupkan kembali kegiatan di luar ruangan melalui balap sepeda. Kami sedang mengusahakan untuk UCI Grand Fondo Mandalika bisa menjadi pre event atau post event dari MotoGP di Indonesia."

"Semua kegiatan PB ISSI ini salah satu tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali kegiatan outdoor, terutama event balap sepeda yang sempat sepi akibat covid-19," lanjutnya.

Rencananya terdapat sejumlah balapan yang akan digelar pada 2021. Termasuk Tour de Indonesia, Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Siak, dan UCI Grand Fondo Mandalika.