BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 memasuki tahap akhir. Prancis akan menghadapi Kroasia pada laga final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) pukul 22.00 malam WIB. Ini merupakan final Piala Dunia edisi ke-21.

Sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia, laga final selalu menyajikan pertarungan menarik dari kedua tim. Maklum saja, mereka berebut supremasi tertinggi sepak bola di dunia.

Namun, hanya ada beberapa final Piala Dunia yang dikatakan paling kontroversi. Hal itu berlandaskan kejadian di lapangan maupun luar lapangan yang memengaruhi final Piala Dunia.

Lalu apa saja final Piala Dunia yang paling kontroversi sepanjang sejarah. Berikut BolaSkor.com rangkum tiga final paling kontroversi sepanjang sejarah Piala Dunia:

1. Inggris Vs Jerman Barat, Final Piala Dunia 1966

Final kontroversi pertama lahir dari Piala Dunia1966. Kisah bermula ketika Inggris menghadapi Jerman Barat, pada laga final Piala Dunia 1966 di Wembley.

Saat itu, Inggris bermain imbang 2-2 melawan Jerman Barat sepanjang waktu 90 menit normal. Pertandingan pun dilanjutkan pada babak tambahan waktu.

Inggris akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 atas Jerman Barat. Dalam pertandingan tersebut, Geoff Hurst menciptakan hat-trick dalam pertandingan tersebut. Ia menjadi satu-satunya pemain sepanjang sejarah Piala Dunia yang menciptakan hat-trick di laga final.

Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966. (Sumber Foto: FIFA)

Dua gol bersarang di babak tambahan waktu. Sekaligus membawa Inggris menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Geoff Hurst pun diberi gelar kehormatan Sir oleh Kerajaan Inggris.

Namun, satu gol dari Geoff Hurst dinilai tak melewati garis gawang. Jerman Barat merasa dirugikan oleh wasit. Jerman Barat mengucapkan kutukan bahwa Inggris tak akan juara Piala Dunia lagi usai tahun 1966.

Percaya atau tidak, sampai saat ini Inggris belum pernah meraih gelar juara Piala Dunia. Jangankan menjadi juara, mencapai final saja belum kembali terulang.