3 Liga Eropa Selain Premier League yang Gelar Boxing Day Musim Ini

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 22 Desember 2020
3 Liga Eropa Selain Premier League yang Gelar Boxing Day Musim Ini
Boxing Day (BBC)

BolaSkor.com - Boxing Day memang sangat identik dengan Premier League. Namun bukan berarti tidak ada liga lain yang menggelar pertandingan pada periode tersebut.

Boxing Day sebenarnya merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Inggris untuk menyambut perayaan Natal. Momen ini diperingati setiap tanggal 26 Desember atau sehari setelah Natal.

Boxing Day biasa diisi dengan acara keluarga yang saling bertukar kado. Pada perkembangannya, momen ini juga dijadikan bos atau perusahaan untuk memberi hadiah kepada karyawannya.

Baca Juga:

3 Laga Seru yang Tersaji di Boxing Day 2020-2021

Jadwal Boxing Day yang Bersahabat untuk Liverpool

Sepak Bola saat Natal, Sebuah Tradisi yang Sangat Inggris

Sepak bola yang sangat melekat dalam budaya Inggris juga tak mau ketinggalan. Sejumlah pertandingan digelar pada Boxing Day sejak tahun 1860.

Federasi sepak bola Inggris (FA) melakukan hal itu untuk memberikan hadiah kepada pecinta sepak bola. Tradisi itu bertahan hingga sekarang meski kerap dikritik para manajer klub.

Boxing Day menjadi pembeda Premier League dengan liga-liga elite Eropa lain. Di saat mayoritas kompetisi libur sejenak untuk menikmati liburan, jadwal pertandingan di Inggris justru lebih padat dari biasanya pada periode ini.

Meski begitu, Inggris dan Premier League bukan satu-satunya kompetisi yang menggelar Boxing Day. Pada tahun ini, setidaknya ada tiga liga Eropa lain yang memainkan pertandingan pada 26 Desember, berikut rangkumannya:

1. Liga Skotlandia

Sebagai bagian dari Britania Raya, wajar jika banyak kesamaan budaya antara Skotlandia dan Inggris. Hal itu juga berlaku untuk Boxing Day.

Liga Skotlandia memainkan pekan ke-20 pada tanggal 26 Desember mendatang. Enam pertandingan akan digelar secara berlanjut sepanjang hari.

Dilansir dari BBC, Tradisi Boxing Day di Liga Skotlandia dimulai sejak tahun 1976. Laga Clydebank kontra St Mirren pada duel di divisi satu menjadi penandanya.


2. Liga Belgia

Liga Belgia menjadi salah satu kompetisi di luar Britania Raya yang menggelar Boxing Day. Tradisi ini dilakukan sejak musim kompetisi 2009-2010.

Pada edisi musim ini, Jupiler Pro League sebagai kompetisi kasta tertinggi Liga Belgia akan menggelar empat laga pada Boxing Day. Salah satu tim yang ambil bagian adalah Club Brugge.


3. Liga Turki

Sebagai negara Islam, Turki tidak menetapkan perayaan Natal sebagai hari libur nasional. Meski begitu, segelintir umat kristiani di sana tetap merayakannya.

Hal itu membuat Liga Turki sebenarnya tidak mengenal istilah Boxing Day. Namun karena tanggal 26 Desember nanti bertepatan dengan akhir pekan, maka pertandingan tetap digelar sesuai jadwal.

Trivia Sepak Bola Premier League Jupiler pro league Liga Skotlandia Liga Turki Boxing day Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan