BolaSkor.com - Toronto Raptors mencetak sejarah. Berkat kemenangan 114-110 pada gim keenam final NBA 2019 melawan Golden State Warriors, Raptors untuk kali pertama jadi juara dengan kemenangan 4-2.

Nama Kawhi Leonard jadi sorotan dari keberhasilan Raptors. Maklum ia ditahbiskan sebagai MVP Final NBA 2019. Di final, rata-rata poin per laga Kawhi mencapai 28,5 poin dengan persentase lemparan 43 persen.

Baca Juga:

Bawa Raptors Juara, Kawhi Leonard Rebut Trofi Bill Russell

Proses Naturalisasi Maxie Esho Masih Terkendala Administrasi

Setidaknya ada tiga makna penting dari pencapaian Kawhi Leonard sebagai MVP Final 2019. Pertama, ia jadi pebasket pertama yang meraih MVP NBA Final saat memperkuat dua tim beda wilayah.

Untuk diketahui, Raptors datang dari wilayah timur. Sedangkan saat membawa San Antonio Spurs juara NBA 2014, tim Kawhi berasal dari wilayah barat.

Kedua, Kawhi merupakan pemain ketiga yang merasakan dua titel MVP NBA Final bersama dua tim berbeda. Dia mengekor prestasi Kareem Abdul-Jabbar (Bucks dan Lakers) dan LeBron James (Cavaliers and Heat).

Ketiga, Kawhi juga berstatus pemain keempat yang langsung merasakan titel MVP NBA Final pada musim perdana bersama tim baru.

Dia mengikuti jejak Magic Johnson dengan Lakers tahun 1980, Moses Malone bersama Philadelphia 76ers tahun 1983 dan Kevin Durant di Warriors tahun 2017.

Namun raihan MVP NBA Final 2019 terasa lebih istimewa buat Kawhi ketimbang yang pertama. Karena musim lalu, ia lebih banyak berkutat dengan cedera saat masih gabung Spurs.

"Saya hanya terus bekerja keras dan memiliki hasrat untuk meraih target ini. Inilah alasan saya bermain basket dan inilah hasil yang diraih setelah sepanjang musim bekerja keras," Kawhi mengungkapkan.*