3 Mesin Gol Gaek yang Direkrut Barcelona Sebelum Robert Lewandowski

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 17 Juli 2022
3 Mesin Gol Gaek yang Direkrut Barcelona Sebelum Robert Lewandowski
Robert Lewandowski (Twitter)

BolaSkor.com - Robert Lewandowski dipastikan memperkuat Barcelona pada musim 2022-2023. Kehadirannya memperpanjang tren mesin gol gaek yang merapat ke Blaugrana.

Lewandowski kini telah berusia 33 tahun. Namun kualitasnya sebagai ujung tombak masih menjadi salah satu yang terbaik di Eropa.

Lewandowski bahkan baru saja meraih gelar sepatu emas musim 2021-2022. Itu tak lepas dari torehan 35 golnya di Bundesliga bersama Bayern Munchen.

Baca Juga:

Usai Robert Lewandowski, Barcelona Belum Berhenti Belanja

Detail Transfer Robert Lewandowski ke Barcelona

Barcelona Tak Punya Kewajiban untuk Menjual Frenkie de Jong

Rekor tersebut juga yang membuat Barcelona ngebet mendatangkan Lewandowski. Dana sebesar 60 juta euro pun rela dikeluarkan meski kondisi finansial mereka belum stabil.

Menariknya, mendatangkan penyerang gaek bukan hal baru dilakukan Barcelona. Biasanya kebijakan ini bahkan berbuah manis.

Setidaknya ada tiga penyerang berumur di atas 30 tahun yang pernah didatangkan Barcelona dan meraih sukses. Berikut rangkumannya:

1. Henrik Larsson

Tren penyerang gaek yang sukses di Barcelona bisa dibilang dimulai oleh Henrik Larsson. Pemain berkebangsaan Swedia itu datang ke Camp Nou pada musim panas 2004.

Larsson didatangkan Barcelona secara gratis usai kontrak sang pemain bersama Glasgow Celtic berakhir. Namun keputusan El Barca ketika itu mengundang pertanyaan.

Saat itu Larsson memang akan berusia 33 tahun. Ia dianggap sudah habis sehingga tak memperpanjang kontrak di Celtic.

Larsson memang hanya berstatus pelapis di Barcelona. Namun ia selalu tampil maksimal saat mendapat kesempatan bermain.

Larsson bahkan menjadi pahlawan kemenangan Barcelona di final Liga Champions 2006. Masuk dari bangku cadangan, ia tampil sebagai pembeda untuk membalikkan keadaan dari Arsenal hingga akhirnya menang 2-1.

Laga itu juga menjadi kali terakhir Larsson membela Barcelona. Ia telah mengambil keputusan untuk pulang kampung dan memperkuat Helsingborg.


2. Thierry Henry

Tren penyerang gaek yang direkrut Barcelona berlanjut saat mendatangkan Thierry Henry dari Arsenal. Momen itu terjadi pada musim panas 2007.

Kepindahan Henry ke Barcelona terbilang mengejutkan karena statusnya sebagai kapten sekaligus legenda hidup Arsenal. Apalagi usianya ketika itu telah menginjak 30 tahun.

Namun konflik antara Henry dengan petinggi Arsenal membuat transfer ini terwujud. Barcelona menebusnya dengan harga 24 juta euro.

Keputusan Barcelona merekrut Henry juga terbukti tepat. Ia turut membantu tim asuhan Pep Guardiola meraih treble winners pada musim 2008-2009.

Secara keseluruhan, Henry memperkuat Barcelona selama tiga musim. Dalam periode yang singkat itu, ia mampu mempersembahkan tujuh trofi.


3. Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi penyerang gaek selanjutnya yang didatangkan Barcelona. Ia direkrut dari Arsenal pada bursa transfer musim dingin, awal Februari silam.

Mendatangkan Aubameyang juga merupakan perjudian besar bagi Barcelona. Selain sudah berusia 32 tahun, pemain berkebangsaan Gabon itu juga tengah dibekukan Arsenal karena masalah indisipliner.

Namun kondisi itu tak menyurutkan minat Barcelona untuk mengontrak Aubameyang. Xavi memang membutuhkan sosok penyerang haus gol.

Perjudian Barcelona lagi-lagi berbuah manis. Aubameyang menjawab keraguan dengan mencetak 11 gol dari 17 laga di LaLiga.

Barcelona Robert Lewandowski Henrik larsson Thierry Henry Pierre-Emerick Aubameyang Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan