BolaSkor.com - Fenomena naturalisasi atau pemain keturunan melanda sepak bola Indonesia sejak satu dekade terakhir. Tidak sedikit wajah-wajah campuran tampil untuk Timnas Indonesia.

Setidaknya, tren itu mulai terlihat sejak Piala AFF 2010. Saat itu, terdapat dua pemain 'asing' di Timnas Indonesia, Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim.

Akan tetapi, terdapat perbedaan antara keduanya. Cristian Gonzales merupakan pria Uruguay yang lama bermain di Indonesia, sedangkan Irfan Bachdim memiliki darah keturunan.

Sejak saat itu, tren naturalisasi seolah menjangkiti Timnas Indonesia. Ada yang semodel Cristian Gonzales, tidak sedikit pula pemain seperti Irfan Bachdim.

Baca Juga:

Wawancara Bayu Pradana: Tak Jadi Pilihan Simon McMenemy untuk Timnas Indonesia

Eksperimen McMenemy Bikin Timnas Indonesia Bungkam Perth Glory

Irfan Bachdim

Kebetulan, di Timnas Indonesia saat ini juga ada pemain naturalisasi. Sebut saja Ilija Spasojevic yang lahir di Montonegro atau pemain keturunan seperti Stefano Lilipaly.

Meski begitu, tidak semua pemain berhasil ketika memperkuat Timnas Indonesia. Sebut saja Sergio van Dijk yang namanya tiba-tiba tenggelam.

Di Eropa, setidaknya terdapat tiga pemain keturunan yang bisa memperkuat Timnas Indonesia. Namun, mari kesampingkan kiper Sampdoria, Emil Audero.

Bukan apa-apa, Emil Audero lebih ingin membela timnas Italia. Meski masih ada kemungkinan karena dia belum pernah tampil untuk tim senior, tetap saja peluang Timnas Indonesia kecil.

Terdapat tiga pemain yang memiliki peluang lebih besar daripada Emil Audero untuk membela Timnas Indonesia. Siapa ketiga pemain tersebut? Berikut ini adalah daftarnya: