BolaSkor.com - Honda merupakan salah satu pabrikan paling sukses sepanjang gelaran MotoGP. Total, 21 gelar juara dimenangi oleh pembalap yang menggunakan motor Honda.

Honda baru pertama kali memenangi MotoGP pada 1983. Saat itu, motor Honda NS500 dikendarai oleh pembalap asal Amerika Serikat, Freddie Spencer.

Setelah itu, perlahan Honda mulai menemukan kejayaan di dunia MotoGP. Sampai pada akhirnya memasuki dekade 1990an, ketika nama mereka mulai disegani.

Baca Juga:

Valentino Rossi Absen pada Seri Ketiga MotoGP Virtual

Andrea Dovizioso Mengira Marc Marquez Berani Tinggalkan Honda

Banyak pembalap top berjaya ketika menggunakan motor Honda. Mulai dari Alex Criville pada 1999, Nicky Hayden pada 2006, hingga Casey Stoner pada 2011.

Ada juga pembalap yang memenangi gelar MotoGP lebih dari satu kali bersama Honda. Contohnya adalah Spencer yang memenangi seri 1983 dan 1985.

Di antara banyak pembalap Honda, tentunya ada yang terbaik di antara mereka. Setidaknya, terdapat tiga pembalap yang minimal meraih tiga gelar juara MotoGP bersama Honda.

Siapakah mereka? Berikut ini BolaSkor.com merangkum daftarnya:

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Nama Valentino Rossi memang lebih identik dengan Yamaha. Maklum, bersama pabrikan berlogo Garpu Tala itu lah Rossi memenangi empat gelar MotoGP.

Akan tetapi, banyak yang mungkin lupa bahwa sebelum bergabung dengan Yamaha Rossi sudah berprestasi. Sebelumnya, pembalap asal Italia tersebut membela Honda.

Rossi kali pertama memenangi MotoGP pada musim 2001 dengan mengendarai Honda NSR500. Pada dua musim selanjutnya Rossi meraih gelar dengan Honda RC211V.