BolaSkor.com - Di antara tim yang masih aktif di MotoGP saat ini, tiga pabrikan asal Jepang merupakan yang paling kompetitif. Dari ketiganya, Suzuki enam kali meraih gelar juara dunia MotoGP.

Dibandingkan dengan dua pabrikan asal Jepang lain, Honda dan Yamaha, mungkin nama Suzuki kalah mentereng. Apalagi mereka sempat keluar dari MotoGP pada 2011.

Saat itu, Suzuki bahkan hanya menurunkan satu pembalap, Alvaro Bautista. Masalah ekonomi membuat mereka memutuskan mundur dari MotoGP untuk sementara.

Baca Juga:

3 Pembalap Terbaik Sepanjang Masa Yamaha di MotoGP

3 Pembalap Terbaik Sepanjang Masa Honda di MotoGP

Hanya butuh waktu empat tahun sampai akhirnya Suzuki kembali ke MotoGP. Ketika kembali, motor GSX-RR mereka dikendarai Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Meski kini sering dipandang sebelah mata, terdapat setidaknya lima pembalap yang pernah memenangi MotoGP bersama Suzuki. Dari jumlah itu, ada satu yang bahkan dua kali menjadi juara dunia.

Patut dinanti, kapan Suzuki bakal bangkit dan kembali memenangi MotoGP? Duet Alex Rins dan Joan Mir dianggap memiliki potensi, setidaknya untuk bersaing seperti para pendahulu mereka.

Siapakah pembalap terbaik Suzuki di MotoGP? Berikut ini BolaSkor.com merangkum daftarnya:

Kevin Schwantz

Kevin Schwantz

Telah membalap sejak usia empat tahun, Kevin Schwantz awalnya adalah pembalap motocross. Sayangnya kecelakaan pada 1983 membuat Schwantz harus pensiun dan banting stir ke balap motor.

Keputusan Schwantz ternyata cukup tepat karena tiga tahun berikutnya dia tampil di MotoGP bersama Suzuki. Sejak musim 1989 hingga menjelang pensiun, dia tak pernah keluar dari empat besar.

Bahkan, pria asal Amerika Serikat itu sukses memenangi MotoGP 1993. Semasa berkarier, Schwantz terkenal senang menantang Honda dan Yamaha, sehingga memiliki rival, Wayne Rainey.